Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah

Lailatul Izzah, Dwi Nurhayati Adhani, Siti Fadjryana Fitroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran dongeng fabel Elang dan Kelinci di Wonorejo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan yang dapat digunakan untuk mengenalkan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggambar  isi dalam dongeng dan menggabungkan gambar dan teks dengan microsoft word kemudian dicetak dalam bentuk buku, selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran ini. Penelitian ini dilaksanakan di Wonorejo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan, merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development). Obyek penelitian adalah media pembelajaran dongeng fabel Elang dan Kelinci. Tahap penelitian meliputi (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Develpment (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan kuesioner yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Wonorejo Glagah Lamongan. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dongeng fabel Elang dan Kelinci, dengan persentase kelayakan (1) Penilaian dari ahli media memperoleh presentase 66,6% dengan kategori cukup layak, (2) Penilaian dari ahli materi dan bahasa memperoleh presentase 84,5% dengan kategori layak, (3) Penilaian dari uji angket respons lapangan perseorangan memperoleh presentase 85,5% dengan kategori layak, (4) Penilaian dari uji angket respons lapangan kelompok kecil memperoleh presentase 92,5% dengan kategori sangat layak. Kesimpulan: Media Pembelajaran Dongeng Fabel Elang dan Kelinci Layak digunakan dalam proses pembelajaran pengenalan kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun di Wonorejo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan


Keywords


media pembelajaran, dongeng fabel, keaksaraan anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S dkk. (2012). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mukhtar, I. (2014). Desain Pembelajaran Berbasis TIK, Jakarta: Referensi.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik, Yogyakarta: UNY Press.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Standar Isi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Lampiran 1.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Yusro, S. (2013). Pembelajaran Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lailatul Izzah, Dwi Nurhayati Adhani, Siti Fadjryana Fitroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats