Pola Asuh Orangtua Bagi Anak yang Mengalami Gangguan Berbicara di Desa Kota Tanah Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten Oku Timur

Yolanda Tifani, Bukman Lian, Santa Idaya Sinaga

Abstract


Pola asuh yang digunakan orang tua dalam mendidik anak yang mengalami gangguan berbicara itu juga bisa sangat mempengaruhi dan berdampak pada kepribadian anak nantinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak dan cara mengatasi anak yang mengalami gangguan berbicara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, pada penelitian ini objek penelitiannya adalah anak yang mengalami gangguan berbicara yang terdiri dari 1 (satu) orang. Data yang akan dianalisis adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh berdampak negative bagi anak yang mengalami gangguan berbicara yaitu masalah pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang akan berbeda dengan anak pada umumnya. Dampak yang anak alami adalah kurangnya bersosialisasi dengan teman atau lingkungan sekitarnya karena anak yang mengalami gangguan berbicara ini sering kali dikucilkan oleh teman-temannya sehingga membuat anak tersebut lebih murung dan pendiam.

.

 


Keywords


pola asuh, gangguan, berbicara, anak, orangtua

Full Text:

PDF

References


Aggraini, W. (2011). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) pada Anak (Studi Kasus Anak Usia 5 Tahun). Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Barnawi & Dajarot. (2018). Penelitian Fenomenologi Pendidikan (Teori dan Praktik).Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Helmawati, P. K. (2014). Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Cetakan Pertama.

Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana.

Moleong, I. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.

Tsuraya, I. (2013). Kecemasan Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Terlambat Bicara (Speech Delay) Di RSUD Dr.M.Ashari Pemalang. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Wibowo, Y. A., & Daliman, S. U. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter dengan Keterampilan Sosial Anak (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Widyorini, E., & Van Tiel, J. M. (2017). Disleksia: Deteksi, Diagnosis, Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yolanda Tifani, Bukman Lian, Santa Idaya Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats