Pengembangan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Permainan Kreatif Pohon dan Tupai

Putri Purnama Sari, Hanggara Budi Utomo, Rosa Imani Khan

Abstract


Sikap kerjasama antar teman pada anak usia dini merupakan sikap dari perwujudan sosial emosional yang esensial dalam perkembangan diri anak. Permainan kreatif dapat menjadi salah satu alternatif permainan menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pembentukan kemampuan bekerjasama anak usia dini melalui permainan kreatif pohon dan tupai di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri. Responden penelitian sebanyak dua orang, yaitu kepala sekolah dan satu orang guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Proses pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi, wawancara, dan menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembentukan sikap kerjasama anak usia dini di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri dapat dilakukan melalui permainan pohon dan tupai sebagai permainan kreatif. Peran guru dapat dimanifestasikan sebagai fasilitator dan provokator yang secara positif memberikan perhatian kepada anak agar memunculkan sifat kepeminpinan dalam kelompok, dan selanjutnya anak mampu bekerjasama dalam bermain pohon dan tupai. 

Sikap kerjasama antar teman pada anak usia dini merupakan sikap dari perwujudan sosial emosional yang esensial dalam perkembangan diri anak. Permainan kreatif dapat menjadi salah satu alternatif permainan menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan pembentukan kemampuan bekerjasama anak usia dini melalui permainan kreatif pohon dan tupai di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri. Responden penelitian sebanyak dua orang, yaitu kepala sekolah dan satu orang guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Proses pengumpulan dan penggalian data menggunakan metode observasi, wawancara, dan menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pembentukan sikap kerjasama anak usia dini di TK Kusuma Mulia I Cerme Kabupaten Kediri dapat dilakukan melalui permainan pohon dan tupai sebagai permainan kreatif. Peran guru dapat dimanifestasikan sebagai fasilitator dan provokator yang secara positif memberikan perhatian kepada anak agar memunculkan sifat kepeminpinan dalam kelompok, dan selanjutnya anak mampu bekerjasama dalam bermain pohon dan tupai. 


Keywords


guru, bekerjasama, anak usia dini, permainan kreatif pohon dan tupai

Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W. (2009). Research design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Third edition. Terjemahan oleh Achmad Fawaid, 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. (2009). Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK SD, Depdiknas.

Depdiknas. (2013). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Erikson, Erik. 2010. Childhood and society. Terjemahan oleh, Helly P. Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto, 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayati, W. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama melalui Permainan Tradisional pada Anak Kelompok A Tk Aba Ledok I Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi ini tidak di terbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismail, A. (2006). Education games: menjadi cerdas dan ceria dengan permainan edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Kusumastuti, A.D. (2017). Peningkatan Kemampuan Kerjasama melalui Permainan Konstruktif pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Plosokerep Bunder Patuk Gunung Kidul. Skripsi ini tidak di terbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Miles, M.B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A Sourcebook of new methods. California: SAGE Publications Inc.

Morrison, G.S. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Terjemahan oleh Suci Romadhona dan Apri Widiastuti, 2012. Jakarta: PT. Indeks.

Mulyani, N. (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Musfiroh, T., Seriati, N.N., & Ayriza, Y. (2007). Afiliasi resolusi konflik. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nugraha, B. (2013). Permainan kreatif untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 203-210. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3030

Safaria, T. (2005). Metode pengembangan kecerdasan interpersonal. Yogyakarta: Amara books.

Saputra, Y.M. & Rudyanto. (2005). Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan anak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo.

Zahro, S & Nai’mah. (2020). Peran lingkungan sosial terhadap pembentukan karakter anak usia dini di jogja green school. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Putri Purnama Sari, Hanggara Budi Utomo, Rosa Imani Khan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats