Seni Tari sebagai Cara Memperbaiki Suasana Hati Anak di KB & TK Indriyasana

Jamuna Ulfah

Abstract


Anak usia dini memiliki banyak karakteristik yang berbeda-beda. Konsentrasi yang pendek, merupakan satu dari sekian banyak karakteristik tersebut. Hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kecerdasan dan keberhasilan anak dalam menyerap dan menerima pembelajaran di sekolah. Pendeknya konsentrasi di dalam kelas sangat mempengaruhi suasana hati dan cendrung menciptakan dimensi kelas yang tidak kondusif. Karena, anak hanya akan bisa menyerap pembelajaran jika mereka berada dalam keadaan senang hati tanpa merasa bosan dan tertekan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana peran dari seni tari dalam memperbaiki suasana hati anak usia dini di KB & TK Indriyasana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data pokok bersumber dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Seni tari tidak dilaksanakan setiap hari melainkan dijadwalkan selama seminggu 2-3 kali dan dilaksanakan diantara jam-jam pembelajaran di sekolah. Seni tari di KB & TK Indriyasana berhasil mengembalikan semangat dan kejenuhan anak ketika melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi berupa perbandingan dimensi kelas dan tingkat konsentrasi anak saat memperhatikan pembelajaran di dalam kelas sebelum dan sesudah seni tari berlangsung. Dan hasilnya memperlihatkan bahwa tingkat konsentrasi dan fokus anak lebih lama dan mereka terlihat lebih ceria dibandingkan dengan sebelum mereka mengikuti kegiatan seni tari. 


Keywords


Seni Tari, Suasana Hati Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. dkk. (2007). Materi Pokok Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Akbar, EliyyilAbidin, Jainal. (2018). “Pembelajaran Seni Tari Dalam Mewujudkan Aspek Perkembangan Anak Di Taman Kanak-Kanak Eliyyil Akbar.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 4, (2).

Alwi, H. dkk. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Amini, Mukti. (tt). “Hakikat Anak Usia Dini.” In , 1–43.

Aminuddin, Isnu Rizka. (2015). “Program Pembelajaran Di RA Tiara Chandra Perdukuhan Prancak Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta.” Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, August 2015.

https://core.ac.uk/download/pdf/33525996.pdf.

Andayani. (2015). Problema Dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1st ed. Vol. 1. Yogyakarta: Deepublish.

Atabik, Ahmad, and Ahmad Burhanuddin. (2015). “Prinsip Dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal ThufuLa 3 (2).

Busthomi, M. Yazid. (2012). Panduan Lengkap PAUD: Melejitkan Potensi Dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Edited by Fahmi. Cet. 1. Citra Publishing.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.

Dwi Arini, Sri Hermawati, & dkk. (2008). Seni Budaya Untuk SMK. Jilid 2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Gandana, Gilar. (tt). KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: Panduan Bagi Guru, Calon Guru, Dan Orang Tua. Ksatria Siliwangi.

Hamruni. (2009). Edutainment Dalam Pendidikan Islam Dan Teori-Teori Pembelajran Quantum. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN SUKA.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti Depdiknas.

Masganti, M. (2017). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menari Animal Chicken Dance.” Tarbiyah UIN SUKA 5 (2).

Marsela, Y. (2016). “Implementasi Tarian Daerah Dengan Menggunakan Iclone (Studi Kasus: Tari Gambyong).” Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Munawaroh, H. (2017). “Implementasi Pembelajaran Tari Dalam Mengembangkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 2 (2): 25–34.

Ndari, S. S, & Chandrawaty. (tt.). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Oktari, Henifo, and Serli Marlina. (2019). “Pengaruh Tari Ayam Modifikasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Di Taman Kanak-Kanak Jabal Rahmah Padang.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 6 (1): 29–34. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5375.

PERMENDIKBUD. (2014). PERMENDIKBUD No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Purwakania Hasan, Aliah B. (2006). Psikologi Perkembangan Islami: Menyikapi Rentang Kehidupan Manusia Dan Prakelahiran Hingga Pascakematian. Jakarta: Rajawali Press.

Rahayu, Dwi. (2018). “Pengaruh Aktivitas Anak Menari Tari Ganau Terhadap Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Di PAUD Dharma Wanita Persatuan Arga Makmur Bengkulu Utara.” IAIN Bengkulu, 2018.

Rahmawati, Bangun Yoga Wibowo, and Dwi Junian Lestari. (2018). “Menari Sebagai Media Dance Movement Therapy (DMT).” Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni 3 (1): 31–46.

Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sularso, P. (2017). “Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan Di Smp Negeri 1 Jiwan Tahun 2016.” Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 5 (1): 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181.

Sunarto, H., & Agung B. Hartono. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Trisna. D, & Made, U. (2018). “Manfaat Olah Tubuh Tari Sebagai Media Pengolahan Emosi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Kategori Gifted: Sebuah Studi Kasus.” E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiyani, N. A. (2014). Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orangtua & Pendidik PAUD. Edited by Rose KR. Cet. I. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jamuna Ulfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats