Tingkat Pengetahuan Guru PAUD tentang Kurikulum 2013
Abstract
This quantitative-descriptive research describes knowledge level of Early Childhood Education teachers about 2013 curriculum in whole Pademawu kindergartens, Pamekasan regency. Requirement analysis tests use kolomogorov-smirnov normality test. The sample is taken by nonprobability sampling and purposive sampling, involving 73 Early Childhood Education teachers. Technique of collecting data are objective test in the form of true or false (T-F), interview, and documentation. Based on analysis, H0 is denied and Ha is accepted in hypothesis test. Based on the findings, the knowledge level about 2013 curriculum in whole Pademawu kindergarten, Pamekasan is well, 87.71%. Finding on remembering factor (C1) showed most of them were categorized well, 94.38%; understanding (C2) categorized well, 85.57%; and applying (C3) categorized well, 70.37%. It can be concluded the knowledge level of the teachers about 2013 curriculum is well.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
________. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asmani, J. M. 2015. Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Press.
Asmawati, L. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Beaty, J. J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Terjemahan Arif Rakhman. 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Budiman & Riyanto, A. 2013. Kapita Selekta Kuesioner: Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
______. 2015. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
______. 2015. Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
______. 2015. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
Fadlillah, M. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di TK IT Qurrota A’Yun Babadab Ponorogo. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, Volume 2 (1): 10
Lupi, N. Z. N. 2017. Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol. 4 (1): 1-81
Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfah, J. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group
Naim, N. 2016. Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Rahelly, Y. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 12 (2): 381-390
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian Edisi Revisi Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.
Supratiningrum, J. 2016. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Suyadi & Dahlia. 2017. Implementasi Kurikulum dan Inovasi Kurikulum 201 Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Wacana Adhtya.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dwi Noviana, Titin Faridatun Nisa’, Muhammad Busyro Karim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506