PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN DI KB DEWI SARTIKA DESA BATU MAK JAGE KABUPATEN SAMBAS
Abstract
Abstrak: Tulisan ini mendeskripsikan pendidikan karakter melalui pembelajaran di KB Dewi Sartika Desa Batu Mak Jage Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan pendidikan karakter yang ditanamkan oleh guru berdasarkan sosial masyarakat dan kondisi lingkungan tempat tinggal siswa. Siswa yang ada di KB Dewi Sartika terdiri dari suku yaitu, Melayu dan Dayak. Penanaman nilai-nilai karakter oleh guru dilakukan melalui pembelajaran yang diberikan. Artikel ini ditulis secara deskriptif dan berangkat dari penelitian kualitatif yang penulis lakukan, berdasarkan pengamatan dan wawancara yang dilakukan kepada guru di KB Dewi Sartika Desa Batu Mak Jage.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, KB Dewi Sartika
Abstract: This paper describers character through learning at KB Dewi Sartika Batu Mak Jage Village, Tebas district, Sambas regency, west Kalimantan province. Based on research that the authors did, character education that was instilled by the teacher was based on the community’s social and environmental condition where the students lived. Student in KB Dewi Sartika consisof tribes namely, Malay and Dayak. Planting character values vy the teacher is done through learning that is given. This article was written descriptively and departed from the qualitative research that the author did, based on the equipment and interviews carried out the teacher at KB Dewi Sartika, Batu Mak Jage Village.
Keywords: Character Education, KB Dewi Sartika
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adib, Mohammad, “Agen dan Struktur dalam Pandangan Pierre Bourdie,” dalam jurnal BioKultur, Volume 2 ,Nomor 1, 2012.
Ardy Wiyani, Novan, Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Guru dalam Membentuk Kemandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini. Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2013.
Arif, Mahmud, dkk, Antologi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Islam. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013.
Asmawati, Luluk, Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Fadillah, M, Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Ponorogo:Unmuh Ponorogo Press, 2018.
Inawati, Asti, Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini, dalam jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Volume 3, Nomor 1, 2017.
Hamruni & Syamsul Kurniawan, Political Education of Madrasah In The Historical Perspective, dalam jurnal SKIJIER, Volume 2, Nomor 2, 2018.
Hermansyah, Islam dan Melayu di Borneo, Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2015.
Kurniawan, Syamsul & Bayu Suratman, Bertani Padi dan Etos Kerja Petani Perempuan Dari Suku Melayu Sambas, dalam Raheema Jurnal Studi Gender dan Anak, Volume 6, Nomor 1, 2018.
Kurniawan, Syamsul, “Pantang Larang in the Sepinggan Village Community from the Perspective of Character Education, dalam Jurnal Ta’dib, Volume 2, Nomor 21, 2016.
Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2013.
Kurniawan, Syamsul,dkk, Best Practice Character Building: Model, Inspirasi, dan Catatan Reflektif. Yogyakarta: Samudra Biru, 2019.
Lickona, Thomas, Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Kreasi wacana, 2012.
Lickona, Thomas, Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekoah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta:Bumi Aksara, 2013.
Maemonah, Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah/Sekolah, dalam jurnal Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, Volume 7, Nomor 1, 2015.
Mahbubi.M, Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2012.
Martin, Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling, dalam jurnal Sosio Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Voluime 3, Nomor 2, 2016.
Mardiyati, Isyatul, Penanaman Nilai-Nilai Dasar Islami Anak Usia Dini Pada Masyarakat Perkotaan. Jurnal At-Turats Volume 9, Nomor 1, 2015.
Mustari, Mohammad, Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Mu’in, Fatchul, Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik & Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Mukodi, Mendialogkan Pendidikan Kita Sebuah Antologi Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2011.
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Nadlifah, Revitalisasi Pendidikan Karakter Di PAUD Terpadu Aisyiah Nur’aini Yogyakarta, dalam jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Nomor 2, 2015.
Nadlifah, Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif di PAUD Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta, dalam jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Volume 3, Nomor 1, 2017.
Prayitno & Belferik Manulang. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa, Jakarta: Gramedia, 2011.
Racmawati, Yeni & Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta:Kencana, 2010.
Siti Musdah Mulia & Ira D. Aini.(2013). Karakter Manusia Indonesia: Butir-Butir Pendidikan Karakter Generasi Muda, Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudaryanti, Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini, dalam jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, 2012.
Suyadi & Maulidya Ulfah, Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Ulfah, Maulidya, dkk, Implementasi Program Parenting dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Usia Dini, dalam jurnal Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, Volume 3, Nomor 2, 2018.
Veny Iswantiningtyas & Widi Wulansari, Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, dalam Procceeding of the ICECRS, Volume 1, Nomor 3, 2018.
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Usia Dini (strategi Membangun Karakter di Usia Emas), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Yusriadi, Identitas Orang Melayu di Hulu Sungai Sambas, dalam jurnal Khalustiwa, Volume 5, Nomor 1, 2015.
Zulhijrah, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, dalam Jurnal Tadrib, Volume,1 Nomor, 1, 2015.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.5489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bayu Bayu Suratman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506