Pengaruh Aktivitas Membuat Boneka Jerami Terhadap Perkembangan Kreativitas dan Sosial Emosional Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 02 dan TK PGRI 01 Kabupaten Lumajang

Laili Devi Agustin

Abstract


The results of the initial observations indicate that the interaction and creativity of children Group B is still low. In fact, children should be encouraged to develop an interest in learning everything. Therefore, the researchers examined the effect of treatment on Effect of Straw Puppet Making Activity Against Creativity and Social Emotional Development of Children in Kindergarten Group B Muslimat NU 02 and TK PGRI 01 Lumajang.formulation of the problem of this study is whether the activity of making straw dolls affect the social emotional development of children's creativity and group B. This study aimed to determine the effect of the activity of making straw dolls influential the social emotional development of children's creativity and group B

Keywords


Straw Doll, Creativity Development, Social-Emotional Development

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z., k. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmawati, Luluk, dkk. 2012. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Beaty, J., J. 2010. Observing Development of the Young Child. New Jersey: Pearson Education

Dewi, R. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.

Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia dini. 2002. Acuan Menu Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Eliyawati, C. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasan, M. 2009. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press.

Hasibuan, R. 2013. Teori belajar sosial emosional. Hand out disajikan pada mata kuliah Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Universitas Negeri Surabaya.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17108/10/Chapter%20I.pdf.txt

Hurlock, E., B. 1978. Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Ibrahim.1998. Media dan Sumber Belajar Inovatif. Bandung: Diva Press.

Jalongo, Mary Renck. 2007. Early Childhood Language Arts. USA: Pearson Education, Inc.

Mariyana, R. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Mashar, R. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Masitoh. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyadi, S. 2004. Bermain dan Kreativitas(Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Papas Sinar Sinanti : Jakarta

Ngalimun, dkk. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja pressindo

Nugraha, A. 2005. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Patmonodewo, S. 1995. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, B., & Jannah, L., M. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rachmawati, Y. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Rogers, M., F. 2009. Barbie Culture. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Solso, R., L. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Sudono, A. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Depdiknas

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suharnan. 2011. Kreativitas (Teori dan Pengembangan). Surabaya: Laros.

Sujarweni, V. Wiratna. Statiska untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sujiono, N., Y; Sujiono., B. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: PT Indeks

Suyadi, 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI.

Suyanto, S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional

Undang-undang RI No.58 Tahun 2009 Tentang Standart Pendidikan Anak Usia Dini (2009). Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i1.3539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Laili Devi Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats