gajahslot mariatogel airbet robopragma wajik77 mposlot https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/ https://journal.parahikma.ac.id/juaraslot/ https://jurnalbening.uho.ac.id/pages/tm/ http://adj.fkg.unand.ac.id/lib/pkp/alexistoto/ http://inomet.ft.unand.ac.id/locale/bento/ https://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/ https://htn.parahikma.ac.id/sbotop/ https://jurnalbening.uho.ac.id/lib/pkp/bni4d/ https://job.uho.ac.id/lib/pkp/btn4d/ paito hk PENINGKATAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA | Anggraini | Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini

PENINGKATAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA

Denok Dwi Anggraini

Abstract


 Abstrak: Peningkatan Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan pengembangan nilai agama dan moral anak kelompok B di TK Dharma Wanita 1 Kamal dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan pengembangan nilai agama dan moral anak melalui metode bercerita di kelompok B TK Dharma Wanita 1 Kamal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 8 kali pertemuan/ tindakan. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.  Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yaitu membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan lapangan dan wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengembangan nilai agama dan moral melalui metode bercerita, dapat dibuktikan rata-rata skor pengembangan nilai agama dan moral pra tindakan anak sebesar 33,47%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 20,2% sehingga menjadi 53,67%. Selanjutnya dari siklus I ke siklus II nilai agama dan moral anak mengalami peningkatan sebesar 35,59% dari 53,67% menjadi 89,26%. Sehingga total peningkatan pengembangan nilai agama dan moral anak mulai dari pra tindakan, siklus I sampai siklus II 33,47% yaitu 53,67% menjadi 89,26%.

 Kata Kunci: Pengembangan Nilai Agama dan Moral, Metode Bercerita


References


Aisyah, Siti, dkk. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dhieni, Nurbiana, dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hidayat, O., S. (2008). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hurlock, E.B. (1991). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Mills, G., E. (2003). Action Research a Guide For The Theacher Researcher Second Edition. United State: Merrill Prentice Hall.

Musfiroh, T. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Direktorat Jendral Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Surtikanti, dkk. (2012). Pedagogi Khusus Bidang PAUD. Surakarta: FKIP-UMS.

Winda, G., Lilis, S., & Azizah, M. (2010). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Denok Dwi Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats