ISLAMIC HABITUATION SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Siti Khotidjah, Hayatul Izzah

Abstract


Abstrak : Islamic Habituation Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. islamic habituation sebagai upaya pembentukan karakter anak usia dini, penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter anak usia dini melalui pembiasaan-pembiasaan islami. Karakter adalah nilai-nilai yang unik baik yang terpatri dalam diri dan diaplikasikan dalam perilaku, sedangkan anak usia dini ialah anak yang berkisar antara usia 0-6 tahun yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa sehingga memunculkan berbagai keunikan pada dirinya. Penelitian ini mengambil obyek anak usia dini yang duduk di bangku TK A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Klepek Bojonegoro, berusia sekitar 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) dengan menggunakan sumber data observasi dan wawancara. Observasi yang dilakukan penulis menggunakan beberapa metode yakni  metode menyanyi, metode bermain, metode keteladanan, dan metode pembiasaan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa anak dapat membentuk karakter yang jujur, patuh  dan lebih bertanggung jawab.

Kata Kunci: Pembiasaan Islami, Karakter, Anak Usia Dini.

References


Balgies, S. (2012). Wawancara Teori & Aplikasi Dalam Psikologi. Surabaya: SA Press

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujiono, Y., N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Suyanto. (2010). Pendidikan Karakter Teori & Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum. Vol.13 (1), hal 25-38 Semarang: Universitas Negeri Semarang

Muslimah, R. (2012). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Kearifan Lokal Di Play Group Aisyiyah Rejodani Sariharjo Ngangklik Sleman Yogyakarta. Skripsi ini tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v2i2.2677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Siti Khotidjah, Hayatul Izzah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lisensi Creative Commons

Jurnal PG PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini by http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats