Peranan Guru Pada Program Sekolah Ramah Anak Terhadap Perkembangan Karakter AUD Di TK A Darut Taqwa Surabaya

Nasya Fadillah, Tri Kurniawati, Wahono -, Naili Sa'ida

Abstract


Program 3P sekolah ramah anak yang ada dalam model pengajaran ramah anak yang berarti penyediaan, perlindungan, dan partisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pada program sekolah ramah anak terhadap perkembangan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pendidikan karakter pada anak usia dini adalah untuk menanamkan nilai-nilai moral agar ketika anak beranjak dewasa atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya akan menjadi kebiasaan. Maka tugas guru dalam membina kepribadian anak sangatlah penting sesuai dengan program sekolah yang menampung anak yang menunjukkan bahwa tugas guru dalam menyelenggarakan sekolah ramah anak meliputi: tugas pendidik sebagai pengajar, tugas pendidik sebagai tutor, tugas pendidik sebagai pelatih, dan tugas pendidik sebagai konsultan. Peran guru di TK Darut Taqwa dalam program sekolah ramah anak memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan karakter anak, sedangkan dalam proses pembelajaran yang di TK Darut Taqwa Surabaya telah menerapkannya program sekolah ramah anak dengan pembiasaan yang baik dan menjadikan karakter anak didik menjadi lebih baik.


Keywords


Peran Guru; Sekolah Ramah Anak; Perkembangan Karakter

Full Text:

PDF

References


Adityara, S., & Rakhman, R. T. (2019, September). Karakteristik generasi Z dalam perkembangan diri anak melalui visual. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2019 (pp. 401-406). State University of Surabaya.

Amrina, A., Aprison, W., Sesmiarni, Z., Iswantir, M., & Mudinillah, A. (2022). Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6803-6812.

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Supeningsih, S., Lestariningrum, A., Suyatno, A., ... & Sidik, N. A. H. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Basri, H. (2021). Optimalisasi peran guru pendidikan anak usia dini yang proporsional. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 29-45.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.

Cahyono, Risal Septiyan Dwi. “Peran Guru Dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta.” Foreign Affairs. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67-78.

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter anak usia dini di paud nurul ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68-77.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.

Mawaddah, H., & Zaida, N. A. (2021). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Pembentukkan Karakter Positif pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di RA Labschool IIQ Jakarta. Hamalatul Qur'an: Jurnal Ilmu Ilmu Alqur'an, 2(1), 1-6.

Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 355-362.

Na'imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747-756.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas program sekolah ramah anak dalam meningkatkan karakter anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696-1705.

Putikadyanto, A. P. A., Amin, M. B., & Wachidah, L. R. (2024). Mewujudkan Sekolah Ramah Anak: Implementasi Disiplin Positif dalam Kurikulum Merdeka. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 106–116. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12766.

Ramandhini, R. F., Rahman, T., & Purwati, P. (2023). Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 116-115.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102.

Sa'ida, N., Kurnuawati, T., & Wahyuni, H. I. (2022). Edukasi Stop Bullying Pada Anak. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 178-183.

Saleh, M. (2012). Peran Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Paud Se-Kecamatan Limboto. Jurnal Pedagogika, 3, 1-8.

Sari, M. W., Adhani, D. N., & Karim, M. B. (2021). Peran Guru dalam Penerapan Sekolah Ramah Anak di TK YKK 1 Bangkalan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088.

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media. Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Talu, A. T. I., & De Gomes, F. (2019). Identifikasi Sekolah Ramah Anak Pada Satuan PAUD Di Kecamatan Langke Rembong Berdasarkan Kebijakan Pengembangan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 11(1), 147-159.

Ulfadilah, S., & Darmiyanti, A. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum dan Penerapan Pembelajaran di PAUD. Jurnal Warna: Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 9-29.

Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. 19(1), 101–111.

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i2.26570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nasya Fadillah, Tri Kurniawati, Wahono, Naili Sa'ida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats