PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL GOTRI UNTUK PEMBELAJARAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK

Chasanah Chasanah

Abstract


Perkembangan psikomotor anak meningkatkan cepat. Salah satu perkembangan anak-anak adalah kemampuannya psikomotor. Berdasarkan hasil pengamatan di TK Bhima Putra, peneliti mencoba untuk mengembangkan permainan tradisional  "gotri" untuk mendorong anak-anak berkemampuan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan tradisional "gotri" dalam kemampuan psikomotor anak yang mudah diterapkan dan tidak membahayakan anak-anak. Prosedur pengembangan permainan tradisional "gotri" dalam meningkatkan kemampuan psikomotor anak menggunakan 7 langkah yakni; (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi; (2) Perencanaan, yang terus dievaluasi oleh para ahli; (3) Mengembangkan produk pertama; (4) Melakukan try-out dengan 6 mata pelajaran; (5) Merevisi produk pertama; (6) Mencoba produk dengan 30 mata pelajaran; (7) Merevisi produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi desain produk dan produk akhir. Teknik untuk menganalisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk persentase. Menurut data yang diambil dari kelompok besar mata pelajaran, persentasenya 92,7% untuk anak-anak dapat mengoperasikan permainan tradisional "gotri". Selain itu, ada 96,1% anak-anak yang senang bermain game, dan 100% anak berpikir bahwa game ini disimpan untuk dimainkan. Diharapkan pengembangan media ini bisa dicoba untuk kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan ke sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan.

References


Ardhana, W. (2002). Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Aisyah, dkk. (2009). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hildayani, R. (2009). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universiitas Terbuka

Ismail, A. (2006). Education Games. Menjadi Cerdas Dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media

Mahardika. (2009). Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung siswa kelas V SDN Jimbang 4 Klaten dalam Pembelajaran Matematika dengan Media Bingo. Skripsi. Surakarta: FKIP SI Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta

Noorlaila, I. (2010). Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Jakarta: Pinus

Santrock, J., W. (2007). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Sujiono, Y. (2009). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Indeks

Sujiono, dkk. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta. Universitas terbuka.

Sukamadinata, N., S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaini, M. (2011). Permainan Permainan Tradisional. http://-tempo.com. (online) diakses tanggal 9 November 2014.

Sarwiji, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Chasanah Chasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats