Membangun Literasi Baca Tulis: Mengeksplorasi Strategi Holistik dan Konstruktivis melalui ZPD dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Yuliana Nurhayati, Wahyu -, Novitawati -

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran literasi baca tulis anak usia 4-5 tahun serta fasilitas pendukung pembelajaran dan bentuk kolaborasi guru dan orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin dan PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data tunggal dan data lintas situs dilakukan melalui kondensi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik untuk menguji keabsahan data  melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, penggunaan bahan referensi dan trianggulasi data,  member scheck data dan analisis kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) strategi penekanan pembelajaran aktif dan interaksi sosial dalam pengembangan pengetahuan anak melalui ragam main dan media seperti musik, kartu bergambar, storytelling, dan media elektronik, dapat menciptakan lingkungan stimulatif. Pendekatan holistik dan pembelajaran konstruktivis  dalam literasi baca tulis anak usia dini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan literasi anak usia dini; (2) keseluruhan fasilitas pendukung yang lengkap dapat menciptakan ekosistem pembelajaran holistik, melibatkan semua pihak terkait dalam mendukung perkembangan anak-anak usia dini; (3) kesadaran tinggi, komunikasi aktif, dan pertemuan dari kedua belah pihak terhadap kebutuhan anak-anak dalam mendukung kegiatan literasi di rumah dan di sekolah sangat di utamakan untuk mencapai kemampuan potensi anak secara optimal.


Keywords


Literasi; strategi; ZPD; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Rapanna Patta (ed.); Cetakan 1). CV. Syakir Media Press.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Affrida, & Nurul, E. (2018). Model Pembelajaran Literasi Dasar Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dan Bahasa Di Taman Kanak-Kanak. Wahana, 70(2), 7–10.

Afnida, M., & Suparno. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini : Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh Abstrak. 4(2), 971–981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480.

Anggraeni, E. P. (2020). Implemtasi Program Literasi Pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, IX(4), 290-299, https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/16954.

Ariani, Rustinar, E., Kusumaningsi, D., Gunawan, H., & Sakroni. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Gerakan Ayo Membaca Buku Di Perpustakaan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1863–1871.

Azhari, T., & Sahputri, J. (2021). Hubungan Antara Sarana Pendukung, Proses, Dan Hasil Pembelajaran. Lentera, 5(2), 33–36.

Bararah, I. (2020). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Mudarrusuna, 10(2), 351–370.

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522-527. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796.

Fitriyah, Q. F., & Paramitasari, R. D. (2022). Pengembangan Kurikulum Berbasis Life Skill di TK Ceria Demangan Yogyakarta Pendahuluan. Jurnal Tunas Siliwangi, 8(1), 25-32. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2425.

Hernawati, H., & Kurniasih, I. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 2(2), 119–128. https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36.

Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8 (1), 112-124. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/7238.

Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2018). program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca Peserta didik sdn Kuripan lor 01 kota pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71–80. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22894/20929.

Irhamna, & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688.

Jannah, F., Ayuni, P., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1641–1650. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/1412.

Khatimah, H., Nurhalisa, E., & Afifah, N. (2022). Stimulasi Zone Of Proximal Development Anak Usia Dini Melalui Metode Eksplorasi. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 26–36.

Kusnilawati, Moh, F., & Astuti, A. (2018). Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.4.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Sage.

Muzaki, I. A., Mustofa, T., & Permana, H. (2021). Urgensi pendidikan akal untuk perkembangan anak usia dini. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 8(2), 139–150.

Nasrudin, & Maryadi. (2018a). Pembelajaran di SD. Jurnal Managemen Pendidikan, 2, 15–23.

Nasrudin, & Maryadi. (2018b). Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas. Jurnal Managemen Pendidikan, 2, 636–648. https://doi.org/ISSN: 1907-4034.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.

https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561.

Pratiwi, Y., & Yaswinda. (2023). Pengaruh Penggunaan Barang Bekas dalam Pembelajaran Sains Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21775–21784.

Purnamasari, B. N., Nirwana, & Asri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–8.

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237.

Rustanty, D. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 5(1), 274–278.

Salsabila, N., & Novitawati. (2021). Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Aktivitas Eksploratif Melalui Model Picture and Picture, Metode Eksperimen dengan Media Loose Parts. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 10(2), 42-51.

https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4299.

Shinta Mutiara, & Agni Noorgianib. (2022). PROFIL MINAT MEMBACA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN (Studi Deskriptif Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di RA Muhammad Iqbal Kota Cimahi). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 9–13. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i1.146.

Syafe, M., & Azzahra, M. (2023). Penerapan Kegiatan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 07(02), 351–356. https://doi.org/ 10.29408/goldenage.v7i02.221521.

Wahyuni, N. P. M., & Darsinah. (2023). Strategi Pengembangan Literasi Baca Tulis ( Praliterasi ) untuk Menunjang Pengetahuan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3604–3617. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4799.

Yaumi, M. (2018). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. (B. Nuraeni, S. Fatimah, & N. Ihsan (eds.); Pertama). Prenadamedia.

Yuliartina, E. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini di PAUD Yasin AlSys. Yasin, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.5.

Zalmi, R. Y., & Hazizah, N. (2019). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. OSF Reprints, 1–10.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.24992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yuliana Nurhayati, Wahyu, Novitawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats