Pengaruh Penggunaan Media Games Interaktif dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak

Anayanti Rahmawati, Anugrah Sari Setoresmi, Berliana Malau, Danella Ayu Novitasari, Febry Ratna Sari Munawaroh, Galuh -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak melalui penggunaan media permainan interaktif dalam pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mctaggart. Penelitian ini melibatkan 12 anak TK Angkasa LANUD Adi Soemarmo yang berusia antara lima sampai dengan enam tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi untuk menggali data dan terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis anak di TK Angkasa Lanud Adi Soemarmo dapat meningkat dengan penggunaan media games interaktif dalam pembelajaran sains. Pada Siklus 1 anak menunjukkan kemampuan berpikir sangat baik. Namun, mereka masih perlu adanya peningkatan dalam aspek "Membandingkan ukuran benda-benda langit" dan "Menyusun letak bumi, bulan, dan matahari berdasarkan posisi". Pada Siklus II dan III anak menunjukkan peningkatan kemampuan sebanyak 44.26% dan 18.18% dalam kategori BSH dan BSB dibeberapa aspek, seperti "Mengklasifikasikan benda langit berdasarkan fungsi dan perbedaannya", "Membandingkan ukuran benda-benda langit", dan "Memprediksi suatu peristiwa yang disebabkan oleh benda langit". Data ini menunjukkan bahwa anak-anak memahami konsep-konsep dasar tentang benda langit dengan baik dan mampu menggunakan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan media permainan interaktif dalam pembelajaran sains, temuan penelitian ini membantu mengatasi masalah tentang kemampuan berpikir kritis anak usia dini.


Keywords


Berpikir kritis; media pembelajaran; sains; games interaktif; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Adawiah, A. R. (2022). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini 3-4 Tahun : Bermain Tebak Gambar Bola Hewan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 74. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.39651

Ahmad, H. A., Putri, D. H., & Connie, C. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Open-Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 73–78. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.73-78

Andansari, K. (2018). Pengaruh Bermain Air dalam Kegiatan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Anak Usia 5- 6 Tahun (Studi Eksperimen di RA Permata Al-Aqwam, Bintara Jaya, Bekasi Barat) (Issue 1). Universitas Negeri Jakarta. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2476

Annisa, N. Y., Kartini, W., & Faatinisa, E. (2023). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini melalui pembelajaran berbasis steam. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 2(1), 1-14. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/3369

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian (Cet. Ke-7). Rineka Cipta.

Asela, S., Hanifah Salsabila, U., Hidayah Puji Lestari, N., Sihati, A., & Ririh Pertiwi, A. (2020). Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran Pai Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599–597. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.242

Cahyaningati, E. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Skripsi. Mojokerto: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Islam Majapahit. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p277-282

Dewi, L. I., & Rimpiati, N. L. (2015). Efektivitas penggunaan media

pembelajaran video interaktif dengan setting diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada anak usia dini. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/78

Dewi, N. P. A. P., & Agung, A. A. G. (2021). Game Education Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35439

Elina, G., Asril, N. M., & Paramita, M. V. A. (2023). Pengaruh Percobaan Sains Menggunakan Project Based Learning pada Kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) Kelompok Usia 5-6 Tahun: Pengaruh Kegiatan Percobaan Sains Menggunakan Project Based Learning pada Kemampuan HOTS (High Order Thinking Skill) Kelompok Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1). https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.62421

Fadlila, N., Palupi, W., & Hafidah, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sains Melalui Metode Bermain. Jurnal Kumara Cendekia, 7(1), 10–15. https://doi.org/10.20961/kc.v7i1.35627

Feridia, E., & Yusmin, D. S. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Aspek Explanation dalam Penyelesaian Masalah perbandingan di SMP. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan, 6(8), 1–10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i8.21358

Heti, D. N. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Guna Pembentukan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa SMK Perindustrian Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hijriati, H. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif pada Masa Early Childhood. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33–49. https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034.

Landina, I. A. P. L., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Flipbook berbasis Kasus pada Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(3), 443-452. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52555.

Lidiawati, K. R., & Aurelia, T. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Indonesia: Rendah atau Tinggi. Buletin KPIN, 9(02). https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/1200-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-di-indonesia-rendah-atau-tinggi.

Madina, N. R., Lamatenggo, N., Husain, R., Rahim, M., & Amali, L. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 899-912. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.317.

Maharga, Y. G., & Wijayanti, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal MATHEdunesa, 8(2), 277-282. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n2.p277-282.

Mulyadi, O. W., Mahfud, H., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Guided Discovery Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 1-10. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.42159.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554.

Pratiwi, J. A., Mirza, A., & Nursangaji, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Aspek Analysis Siswa di Sekolah Menengah Atas. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i12.17771.

Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 4(8), 323-329. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2005.

Putriani, N., & Gunawan, R. (2023). Media Games Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar pada Muatan IPAS. Journal of Education Action Research, 7(3), 409–415. https://doi.org/10.23887/jear.v7i3.66527.

Rahmadani, S., & Hamsa, D. A. (2021). Analisis Aspek Berpikir Kritis Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–54.

Rahmasari, T., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.48175

Safitri, R. (2019). Berfikir Kritis Menurut Para Ahli dan Penerapannya dalam Asuhan Keperawatan.

Santi, N., Soendjoto, A., & Winarti, A. (2018). Critical Thinking Ability of Biology Education Students through Solving Environmental Problems. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 35–39.

Sari, K. J. (2019). Aspek Aspek Berpikir Kritis Dalam Keperawatan. Epritha.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 2(2), 187-200.

Wati, E. K., & Jayanti, R. R. S. (2022). Pengembangan Game Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Sains Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i3.186

Wati, L. I., & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 65-76. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p65-76

Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425-432.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.24671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anayanti Rahmawati, Anugrah Sari Setoresmi, Berliana Malau, Danella Ayu Novitasari, Febry Ratna Sari Munawaroh, Galuh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats