Analisis Manajemen Sarana Prasarana di Lembaga PAUD Anna Husada Bangkalan

Anis Fitria, Dias Putri Yuniar, Fajar Luqman Tri Ariyanto

Abstract


Program ini parenting memfasilitasi orang tua dan anak untuk mengasah Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang efektif memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sangat penting untuk memprioritaskan kualitas agar dapat memberikan dampak positif kepada siswa dan memastikan kelancaran operasional yang selaras dengan tujuan pendidikan. Namun realitas yang ada saat ini menunjukkan belum optimalnya pengelolaan berbagai sarana dan prasarana, sehingga perlu adanya pemahaman dan penerapan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk menilai implementasi pengelolaan infrastruktur pada lembaga PAUD Anna Husada Bangkalan dan memberikan wawasan mengenai pengelolaan infrastruktur yang efektif pada lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Melalui pemanfaatan observasi, wawancara, dan dokumentasi, peneliti bertujuan untuk mendalami pokok permasalahan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan mengorganisasikan dan menafsirkannya, yang pada akhirnya mengarah pada narasi temuan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya peran pengelolaan sarana dan prasarana di PAUD Anna Husada Bangkalan. Mereka tidak hanya memfasilitasi dan menyederhanakan proses kerja, namun juga berkontribusi terhadap efektivitas, keamanan, kenyamanan, dan kualitas pengalaman belajar mengajar secara keseluruhan. Tidak dapat dipungkiri bahwa baik pendidik maupun peserta didik sangat bergantung pada sarana dan prasarana, khususnya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.


Keywords


Manajemen; Sarana Prasarana; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Adinda, W., & Retno, W. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85-93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864.

Adilah & Suryana. (2023). Pentingnya Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 59-66.

Agustriani, J., Wulandari, Y., & Wulndari, R. (2022). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Kelompok Bermain (KB). Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 351 – 362.

Anggraeni, E, P., & Joko, P. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Proses Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak Usia Dini. Significant Journal of Research and Multidisciplinary, 1(3), 128-135.

Arafah, M.Y., Azizah, H., & Maesaroh. (2022). Analysis of Fulfillment of Facilities and Infrastructure Based on National Education Standards at Elementary Education Institutions (RA/TK and SD/MI). Proceeding International Conference on Religion, Science and Education 1, 399-411.

Azhar, A.F., Ocih, S., & Rudiyanto. (2020). Management of Learning Facilities in Kindergarten (A Case Study on Al Azhar Syifa Budi Parahyangan Kindergarten). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 538, 187 – 191.

Barrett, P., Treves, A., Shmis, T., Ambasz, D. Ustinova, M. 2019. The impact of school infrastructure on learning: A synthesis of the evidence. International Bank for Reconstruction and Development/ The World Bank. https://doi.org/10.1596/978-1-4648-1378-8.

Binsa Ucik. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Anak Usia Dini Di TK Pelangi Negeri Yogyakarta. Jurnal Children Advisory Research and Education. 8(2), 1-10.

Chepkonga, M.C. (2017). Influence of Learning Facilities on Provision of Quality Education in Early Childhood Development Centres in Kenya. International Journal of Education and Research, 5(6), 15 – 26.

Firmansyah, Tri, dkk. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu layanan. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 179–184.

Hariri Hasan, Dedy, dkk. (2016) Manajemen Pendidikan. Media Akademi .

Jamaluddin. J., Martuty, A,, & Abdullah, M. (2021). The Infrastructure Standards of Early Childhood Education Units in South Sulawesi Province. The 2nd International on Meaningful Education (2nd ICMEd). KnE Social Sciences, 584–603. https://doi.org/10.18502/kss.v6i2.10017

Jumari. (2019). Urgensi Manajemen Sarana dan Prasarana Berkualitas dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Widya Balina, 4(7), 86-92. https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/33.

Madyibi, S., & Bayat, A. (2021). A Case Study Of Early Childhood Development Facility Infrastructure In Philippi, South Africa. Perspectives in Education, 39(4), 156-171. http://dx.doi.org/10.18820/2519593X/pie.v39.i4.11.

Matin & Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarna Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya (Management of Educational Facilities and Infrastructure, Concepts and Applications). PT. Raja Grafindo Persada.

Nasrudin & Maryadi. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di SD. 13(1), 15-23.

Nurabadi, A., dkk. (2020). Analysis of the Availability of School Facilities and Infrastructure as an Effort to Accelerate School Quality Improvement. Proceedings of the 6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.013.

Rahayu., T.S., Siti, K., & Cucu, A. (2022). Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Di TK. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 242-248. http://doi.org/10.36709/japend.v3i3.11.

Rohiyatun, B., & Lu’luin, N. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di PAUD. Jurnal Visionary (VIS),6(1), 1 – 5.

Rosida, W. & Nurzaima. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah Pada PAUD Nurul Maghfirah Kota Kendari. Edum Journal, 3(1), 72 – 78.

Sarinastitin, E., Taran, G.M., & Kebu, Y. (2023). Potret Pengelolaan Sarana dan Prasarana PAUD di Kecamatan Cibal. Jurnal Lonto Leok, 5(1), 37 – 49.

Shaleh, M. & Anhusadar, L. (2021). Evaluasi Input Standar Sarana dan Prasarana pada Lembaga PAUD. Aulad : Journal on Early Childhood, 4(3), 186 – 192. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.153.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.

Sutarman Maman, Asih. (2016). Manajemen Pendidikan Usia Dini. Pustaka Setia.

Suyadi. (2017). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta.

Syafril, S., et al. (2022). Facilities and Infrastructure in Childcare Management. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 415–424. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.48485.

Tiara, D.R. (2022). Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan Anak Usia Dini. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Widiastuti, A. A. (2018). Implementasi Standar Sarana Dan Prasarana Paud Di Lembaga Taman Penitipan Anak (TPA). Paudia, 7(1), 139–148. https://doi.org/10.26877/paudia.v7i1.3462.

Wikaningtyas, A., & Asiah, S.N. (2023). Learning Environment Design in Early Childhood Education Facilities and Infrastructure Management. 2nd International Conference on Early Childhood Education in Multtiperspective, 134 – 141.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.23529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anis Fitria, Dias Putri Yuniar, Fajar Luqman Tri Ariyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats