Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Taman Kanak-kanak Permata Hati yang berada di kecamatan Bangkalan lebih didominasi oleh siswa yang aktif melakukan kegiatan motorik kasar sehingga penting bagi guru untuk melakukan assesmen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan asesmen perkembangan motorik kasar pada anak usia dini di lembaga TK Permata Hati. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan melibatkan guru dan orang tua sebagai informan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang diawali dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, terakhir menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di TK Permata Hati melaksanakan kegiatan asesmen perkembangan motorik kasar. Tujuan guru saat melakukan asesmen perkembangan motorik kasar anak adalah untuk mengetahui capaian perkembangan motorik kasar pada masing-masing anak. Asesmen dilakukan secara rutin untuk mengetahui ketercapaiannya perkembangan motorik kasar pada anak. Instrumen yang digunakan adalah ceklis, dan catatan anekdot. Proses pelaporan hasil asesmen dilakukan setiap semester, sehingga orang tua mendapat laporan dan bisa melakukan pemantauan terhadap perkembangan anak. Penelitian ini merekomendasikan untuk melakukan penelitian secara lebih mendalam terkait pelaksaanaan asesmen selain perkembangan motorik kasar anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
Anggraena, Y. et al. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248
Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Al-Athfal, 2(2), 36–44.
Arumsari, A. D., & Putri, V. M. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Motoric, 4(1), 154–160. https://doi.org/10.31090/m.v4i1.1039
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21.
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Efiawati, E., Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9676
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427
Hasbi, M., Wardani, R. L. K., & Widiyawati, E. (2020). Penialaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508
Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan asesmen anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS: Dharma Raflesia, 19(01), 177–185.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 41–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624
Nakita, I. T., Sari, D. Y., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 25–37. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910
Novianti, R., Puspitasari, E., & Chairilsyah, D. (2013). Pemetaan Kemampuan Guru Paud Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota Pekanbaru. Sorot, 8(1), 95. https://doi.org/10.31258/sorot.8.1.2353
Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (TK). (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8100
Purnama, S., & Hayati, M. (2023). Assesmen Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.
Putra, A. Y. (2020). Strategi Pembelajaran Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 159–166. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-03
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 87–103. https://doi.org/10.21009/jpd.v12i01.21159
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 156. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50732
Sumantri, M. S. (2005). Model pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.
Yuandana, T. (2021). Metodologi Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Dan Kasar Anak Usia Dini. CV. Bayfa.
Yuandana, T., & Fitriyono, A. (2022). Peningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari Kreasi Madura. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 127–132. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.296
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.23514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rosal Putra, Mardiyana Faridhatul Anawaty, Ajeng Rizki Safira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506