Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Guyup Rukun, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo, Prov. DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 7 orang anak yang berusia 4-6 tahun dan 1 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak sudah mampu mengenal huruf-huruf hijaiyah ketika kegiatan bernyanyi dilakukan. Selain metode bernyanyi, APE kartu bergambar yang digunakan oleh guru juga dapat meningkatkan pemahaman anak dalam membaca huruf hijaiyah. Hal tersebut di tandai dengan anak-anak yang mampu menyebutkan setiap huruf yang ditunjuk oleh gurunya. Strategi terakhir yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman anak dalam membaca huruf hijaiyah adalah dengan melakukan kegiatan menebalkan huruf di Lembar Kerja Anak (LKA). Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan bagi para peneliti selanjutnya yang akan mengkaji lebih dalam mengenai penggunaan permainan edukatif, seperti permainan papan atau permainan komputer dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak-anak. Fokus yang diperoleh pada penelitian ini dapat mencakup pengaruh permainan tersebut terhadap motivasi belajar dan retensi informasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(2), 111–119. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1568
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46–57. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638
Arikunto, S. (2010). Metode penelitian. Rineka Cipta.
Aulina, C. N. (2019). Metodologi pengembangan bahasa anak usia dini. Umsida Press.
Azhar, N. N., Elisa, T., & Mulyawan, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(14), 70–79.
Basri, H. (2021). Optimalisasi peran guru pendidikan anak usia dini yang proporsional. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 29–45. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/educhild/article/view/1300/803
Bastian, A., & Suharni, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media gambar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772
Cahyanti, I. N., & Katoningsih, S. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1269–1278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3925
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.224
Dini, J. (2021). Pengenalan huruf hijaiyyah melalui media kartu gambar pada anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2183.
Erlangga, R., Putri, F. P., Wardana, B. A., Noviana, R., Kiyato, P. L., & Al Fathin, H. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Usia Dini di Kelompok Belajar Jasmin Assalam Desa Gilirejo, Kabupaten Sragen melalui Metode SAS (Stuctural, Analythic, Syntatic) Media Bergambar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), e-2656-5862. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.3796
Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428–436. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333
Husnaini, N. (2018). Identifikasi pola pengenalan literasi pada anak usia dini di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24443
Imroatun, I. (2017). Pembelajaran huruf Hijaiyah bagi anak usia dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 2, 175–188. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/62
Larumunde, G. A. (2022). Media Kartu Bergambar Prosedur Mencuci Tangan sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Mencuci tangan pada Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 5(2), 31–42. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v5i2.301
Maharani, S., & Izzati, I. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1288–1298.
Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6144
Nadhiroh, U., & Diana, R. R. (2021). Implementasi Metode Usmani dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 8(2), 80–92. https://doi.org/10.24036/113107
Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86.
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan video animasi dalam mengenal dan membaca huruf hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/567
Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. Deepublish.
Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Rus Media.
Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67.
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak pada masa golden age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912.
Rosyanafi, R. J. (2018). Pengaruh Media Jigsaw Puzzle Terhadap Minat Belajar Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(1), 52-62. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i1.5016
Saputra, A. L. G., Sriyanto, A., & Ningtyas, Y. K. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak melalui permainan kartu huruf di TKIT An-Nur Walikukun Kabupaten Ngawi. Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 13–21. https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Fascho/article/view/16
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Kanisius.
Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610
Sumantri, I. (2022). Metode Follow The Line Dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab Pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 91–102. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/5565
Susanti, S., & Nurhayati, S. (2022). Penerapan Metode Iqro’dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 13–23.
Yuliana, A. R., & Wurinta, A. R. (2020). Manajemen Strategi Pembelajaran dalam Membentuk 9 Pilar Karakter di Playgroup MILAS. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 37–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6833
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.23466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ias Nugrahani, Khamim Zarkasih Putro, Lailatul Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506