Pengaruh Media Broom-Broom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Usia kisaran 0-6 tahun adalah era keemasan yang dilalui anak dengan semua aspek perkembangan anak yang kebutuhannya harus dapat terpenuhi guna menunjang proses pertumbuhan serta perkembangan anak pada periode yang akan datang. Salah satu aspek yang harus dapat terpenuhi adalah pada aspek kognitif, yang meliputi kemampuan berpikir logis, bermain dan bekerja sama, serta pemecahan masalah. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan media Broom-Broom memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Tholabah, Jember. Media Broom-Broom ini merupakan media berbentuk mobil mini yang memuat dua permainan yaitu permainan maze dan puzzle balok. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan jenis one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis uji kelayakan ditemukan media Broom-Broom memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun dengan uji t yang menunjukkan hasil signifikansi (2-tailed) yaitu 0,01, sehingga 0,01<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Saat Ha diterima, maka hal ini dapat dinyatakan bahwa media Broom-Broom memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Tholabah, Jember. Sehingga, media Broom-Broom ini dapat dimanfaatkan penggunaannya sebagai media alternatif untuk membantu menstimulasi perkembangan anak dalam meningkatkan aspek kognitif terutama pada lingkup kemampuan pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A’yunin, Q. (2023). Pengaruh Permainan Papercraft Terhadap Kreativitas pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 45–54. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Aisyah, A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Balok. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 36–40. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3018
Aprilia, T., Yuliati, N., & Saputri, S. W. D. (2021). Analisis Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Autis Usia 5-6 Tahun. JECER (Journal of Early Childhood Education And Research), 2(2), 37-45. https://doi.org/10.19184/jecer.v2i2.18867
Atiasih. (2020). Pengaruh Media Balok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.
Budyawati, L. P. I. (2020). Penerapan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak pada Anak Kelompok B di TK Kartika IX-35 Patrang, Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 14(2), 373–381. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.19364.
Fiah, R. El. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini (1 ed.). Rajawali Pers.
Indarini, A., & Rusnilawati, R. (2022). Media Terivestor Karakter Animasi untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5463-5475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3035.
Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508.
Kurniasih, R. (2018). Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 119–125. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10505.
Lige, R. J. B. S., Audia Sianipar, Marshanda Octavia Fatma Yuslia, Meyliana Nursihab, Miftahul Jannah, & Rr. Deni Widjayatri. (2022). Efektivitas Ape Maze Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 210–223. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.559.
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d’CARTESIAN, 7(1), 44–46. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113.
Munawaroh, A. U., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Maze Alur Tulis pada Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Modern, 5(1), 12-21. https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/63.
Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230.
Prameswari, D. P., & Rahayu, T. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match dan Numbered Head Together: Kajian Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 202–210. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.28244.
Sari, Y. R., & Jaya, M. T. B. (2018). Penggunaan media puzzle terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-8. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/15277.
Sewi, R. M., & Mailasari, D. U. (2020). Pengembangan Keterampilan Kolaborasi pada Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 220-235. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8796.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kaulitatif, R&D (2 ed.). Alfabeta.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.
Suwatra, I. W., Magta, M., & Christiani, C. L. A. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 185-193. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257.
Widiawati, W., Mayangsar, D., & Karim, M. B. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 5(1), 10–24. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3845.
Wulandari, A. D., Sumarni, S., & Rahelly, Y. (2018). Pengembangan Game Maze Berbasis Media Interaktif Sesuai Tema untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Izzudin Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 87-98. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.26329.
Wiyani, N. A., Barnawi, & Sandra, M. (2017). Format PAUD. Ar-Ruzz Media.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.23442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Saffanah Najwa Hamid, Hilda Putri Ananta, Filda Cantika Arthamevia, Reski Yulina Widiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506