Pop Up Book Tour Pantai Biru Berbasis Hak Rekreasi: Sebuah Media Stimulasi Berpikir Kritis Anak

Ria Kusuma Wardani, Eka Oktavianingsih

Abstract


Rasa ingin tahu anak menjadi dasar dalam menstimulus berpikir kritis anak. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengembangkan Media Pop Up Book Tour, untuk menilai kelayakan media  dan  efektivitasnya dalam merangsang berpikir kritis pada anak. Penelitian ini menerapkan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap, meliputi pengumpulan informasi penelitian, perencanaan, pengaturan produk awal, pengujian lapangan awal, modifikasi produk, pengujian inti, pengujian lapangan dasar, evaluasi produk operasional, pengujian operasional aktual, evaluasi produk akhir, serta sosialisasi dan implementasi. Subjek uji adalah 35 anak usia 5-6 tahun dari TK Kartika IV-89 Bangkalan. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan  penilaian ahli materi memberikan skor 87,5% dengan kategori “Sangat Tinggi, Sangat Berkualitas Tanpa Tinjauan”. Rating ahli media mencapai 81,25% dengan kategori “Tinggi, bagus, tidak perlu review”. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Pop Up Book Tour Pantai Biru berbasis konsep hak rekreasi dapat digunakan untuk merangsang berpikir kritis. Adapun  hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 10,640 > 2,00856 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor Keterampilan Berpikir Kritis sebelum dan sesudah menggunakan wahana  Pop Up Book Tour Pantai Biru. Kajian ini memberikan lebih banyak pengetahuan kepada pendidik dan pengajar terkait penggunaan media yang berbasis hak rekreasi khususnya mengangkat daerah sekitar.


Keywords


Berpikir kritis; pop up; pantai biru

Full Text:

PDF

References


Akbar. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Anggreani, C. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 343-360. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.

Bana, M., Bahtiar, R. S., & Nuryasana, E. (2023). Media Dongeng Berbasis Audio Visual Dalam Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7515-7524. https://doi.org/10.47492/jip.v3i9.2438.

Dewi, Kurnia., (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Program Studi Pendidikan Islam AUD. UIN Raden Fatah Palembang.

Fadillah, A. (2019). Analisis kemampuan penalaran deduktif matematis siswa. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 15-21.https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.752.

Gusnarib & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Kristanto, Dany Fajar., Widiyanto Hadi & Cisde Mulyadi. (2016). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampusan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. STMIK :Polteknik PalComTeach.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3 (2). 314-315.

Nurdiyanti, S. (2019). Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 642-650).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Oktavianingsih, E., Fitroh, S., & Wardani, R. (2023). A Digital Encyclopedia “Perjalanan Joko Tole”: Fulfill Recreation Rights for Children in Bangkalan. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 10(1), 25-37. doi:https://doi.org/10.21831/jppm.v10i1.58003 .

Rahman., Wiwik., Faatinisa, Esty., & Waluyo, Yulia Nur. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM. Jurnal Al- Fitrah. 2 (1). 2-3. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/3369.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87-94.

Ramadhani, Muhammad H., & Caswita. (2017). Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional.

Rosdiani S. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.

Roche, Mary. (2015). Developing Children's Crotical Thingking Through Picturebooks. Routledge.

Saputri, Maulida A,. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 2 (1), 110-116.

Setiana, D. S. (2018). Urgensi pengembangan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Prosiding, 376–382. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/306 .

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cetakan Ke-1). Kencana.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cetakan Ke-4). Fajar Interpratama Mandiri.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 1-11.

Wulandari, A., Salsabila, A., Cahyani, K., Nurazizah, T., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 425-432.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.22301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ria Kusuma Wardani, Eka Oktavianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats