Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Bermain Peran: Sebuah Kajian Tindakan Kelas

Muyasaroh -, Nur Khalik Afandi

Abstract


Kemampuan berbicara anak-anak di TK Al-Azhar mengalami penurunan, sehingga memerlukan suatu tindakan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan kegiatan bermain peran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart Subjek dalam penelitian ini meliputi: guru, orang tua, dan anak di TK Al-Azhar 4 Jumlah 15 orang anak yang terdiri 7 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan peneliti ialah mengamati kemampuan berbicara anak-anak di TK Al-Azhar 4. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kaulitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara di TK Al-Azhar 4 dapat meningkat dengan kegiatan bermain peran. Siklus I memperoleh sebesar 13.3% (2 anak) kategori berkembang sangat baik, 26.4% (5 anak) kategori berkembang sesuai harapan, 60% (9 anak) kategori mulai berkembang, 0% (0 anak) kategori belum berkembang. Siklus II diperoleh 40% (6 anak) kategori berkembang sangat baik, 36% (5 anak) kategori berkembang sesuai harapan, 24% (4 anak) kategori mulai berkembang, 0% (0 anak) kategori belum berkembang. Siklus III diperoleh60% (9 anak) kategori berkembang sangat baik, 40% (6 anak) kategori berkembang sesuai harapan, 0% (0 anak) kategori mulai berkembang, 0% (0 anak) kategori belum berkembang. Maka diperoleh hasil kemampuan berbicara anak kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik mencapai sebesar 97,3%. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan kemampuan berbicara anak usia dini dapat menstimulus dengan kegiatan bermain peran anak.


Keywords


Kegiatan Bermain Peran; Kemampuan Berbicara; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4885.

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118.

Dhieni, N., Fridana, L., Muis, A., Yarmi, G., & Wulan, S. (2021). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Ding, W., & Yu, G. (2023). Using Causal Explanation Speaking Tasks to Assess Young EFL learners’ Speaking Ability: The Effects of Age, Cognitive, and L2 Linguistic Development. Language Assessment Quarterly, 20(3), 251–276. https://doi.org/10.1080/15434303.2023.2206811

Fan, H., Li, D., Wang, S., & Kong, W. (2023). Preoperative factors influencing the rate and speed of available communication ability in prelingual paediatric cochlear implantation recipients. Acta Oto-Laryngologica, 143(6), 481–488. https://doi.org/10.1080/00016489.2023.2220755

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Husada, A., Asri Untari, M. F., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa. Journal of Education Action Research, 3(2), 124–130. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool : Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 206–216. https://doi.org/10.18860/PRESCHOOL.V2I2.12026

Jao, C.-Y., Yeh, H.-C., Huang, W.-R., & Chen, N.-S. (2022). Using video dubbing to foster college students’ English-speaking ability. Computer Assisted Language Learning, 15(2), 1–23. https://doi.org/10.1080/09588221.2022.2049824

Lina Amelia, & Lisa Ramadhani. (2016). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak pada Kelompok B di TK Bohhatema Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 3(2), 19–34. https://doi.org/10.46244/buahhati.v3i2.548

Masykouri, A. (2011). Mengasah Kemampuan Berbahasa di Usia 4-6 Tahun. Seri Bacaan Orang Tua. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Muammar, M., Suhardi, S., & Mustadi, A. (2018). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Teori & Praktik. Sanabil.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran (Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global). UIN Maliki Press.

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.

Rumilasari, N. P. D., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2016). Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7704

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Remaja Rosdakarya.

Srihayati, H. (2016). Penerapan Metode Bermain Perandalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasaanak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kartika 1-4 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 115–124. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/3686

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67–78. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582

Susanti, Y. O. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Bermain Peran Mikro. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.63-70

Susanto, A. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Titik, P. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Bermain Peran Mikro di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Wahab, A. A. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Alfabeta.

Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(2), 199–214. https://doi.org/10.5281/zenodo.3559281

Yulianda, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara pada Anak Balita. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 41–48.

https://doi.org/10.30743/BAHASTRA.V3I2.1137




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.22288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muya saroh, Nur Khalik Afandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats