Parenting Foundation Class: “Mewarnai” Sebagai Sarana Membangun Secure Attachment Orang Tua dan Anak

Dita Dwi Nursyafitri, Thomas Iriyanto, Wuri Astuti

Abstract


Program parenting memfasilitasi orang tua dan anak untuk mengasah bakat dan minat di bidang seni khususnya “mewarnai”. Selain terbilang unik program ini juga diharapkan dapat membangun secure attachment antara orang tua dan anak, serta sekolah dapat mengimplementasikan program pelibatan orang tua dalam proses pembelajaran dan stimulasi tumbuh kembang anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif.  Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran umum pelaksanaan program Parenting Foundation Class “Mewarnai”, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya, serta dampak dari pelaksanaannya terhadap secure attachment. Terdapat tiga langkah analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan instrumen berupa wawancara dan dokumentasi. Hasilnya pelaksanaan program parenting di lembaga tersebut dilaksanakan setiap hari jumat di 3 bulan pertama setiap semester dan diikuti oleh orang tua dan anak. Orangtua dan anak menjadi lebih dekat karena ada komunikasi saat mewarnai, anak merasa aman dan nyaman berada di dekat orangtua, serta lebih percaya diri dalam mengeksplorasi lingkungannya dikarenakan memiliki figur yang melindungi. Faktor yang menjadi pendukung yaitu pemateri yang kompeten dan fasilitas lembaga yang memadai, sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaannya yaitu kesibukan orangtua dihari pelaksanaan dan tidak ada aktivitas tambahan untuk anak yang telah selesai mewarnai sehingga berpotensi mengganggu teman-temannya yang belum selesai mewarnai.


Keywords


Program Parenting; Foundation Class; Secure attachment

Full Text:

PDF

References


Aji, P., & Uyun, Z. (2010). Kelekatan (Attachment) Pada Remaja Kembar. Indigenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(1), 37–46. https://doi.org/10.23917/indigenous.v12i1.1611

Ariyati, T. (2016). Parenting Di PAUD Sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 1–270. DOI: 10.30595/jkp.v9i2.1065

Astuti, W & Muna, F.A.N. (2017). Model Keterlibatan Orangtua Dalam Optimalisasi. Seminar Nasional Pendidikan, Malang, Hal. 483–494.

Cabrera, N.J. (2020). Father involvement, father-child relationship, and attachment in the early years. Attachment & Human Development, 22(1), 134–138. https://doi.org/10.1080/14616734.2019.1589070

Chen, F. L. (2011). The Role of Emotion in Parent-child relationships: Children's Emotionality, maternal meta-emotion, and Childrens's attachment security. Journal of Child and Family Studies,, 21(3), 403-410.

Ding, Y.H., Xu, X., Wang, Z.Y., Li, H.R., & Wang, W.P. (2014). The relation of infant attachment to attachment and cognitive and behavioural outcomes in early childhood. Early Human Development, 90(9), 459 - 464. ttps://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2014.06.004.

Dwi Tanto, O. (2021). Pembentukan Kelekatan Aman Orangtua Pada Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring. Journal of Childhood Education, 5(1), 130–146. https://doi.org/10.xxxxx

Guina, J. (2016). The Talking Cure of Avoidant Personality Disoder: Remission Through Earned-Secure Attachment. American Journal of Psychotherapy, 233-250.

Hidayah, R. N. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 9(2).

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374

Jannah, A. M., Rachman, A., & Novitawati. (2021). The Influence of the Role of Parents and Parenting Patterns in the Use of Gadgets on the Social Behavior of Children. Journal of K6 Education and Management, 4(4). https://doi.org/10.11594/jk6em.04.04.03

Koren-Karie, N., Oppenheirn, D., Dolev, S., & Yirniya, N. (2009). Mothers of Securely Attached Children With Autism Spectrum Disorder are more Sensitive Than Mothers of Insecurely Attached Chikdren. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 50(5), 643-650.

Kurniawan, H. &, & Hermawan, R. (2016). Program Parenting untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Lembaga PIAUD. Jurnal PGRA, 1(1), 29–39.

Marlia, A., Nisa. T.F., & Fajar, Y.W. (2018a). Perbandingan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B pada Kegiatan Senam Berirama dan yang Tidak Berirama. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. 5(2). 116 - 122.

Marlia, A., Nisa. T.F., & Fajar, Y.W. (2018b). Perbandingan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B pada Kegiatan Senam Berirama dan yang Tidak Berirama. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. 5(2). 116 - 122.

Miles, M. B., Huberman, A Michael, & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition. SAGE Publications, Inc

Nora, M.O. (2015). Pengaruh Kelekatan dan Harga Diriterhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 379-388. https://doi.org/10.21009/JPUD.092

Nooraeni1, R. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 31 - 41.

Kurniawan, H., & Hermawan, R. (2016). Program Parenting Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Aṣ-ṣibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 29–39.

Raby, K., Roisman, G., & Booth-Laforce, C. (2015). Genetic Moderation of Stability in Attachment Security From earlychildhood to Age 18 Years: a Replication Study. Developmental Psychology, 51(11), 1645-1649.

Roternberg, K., Wicks, C., & Bathew, R. (2021). Security of Attachment and Trust Beliefs in Close Others During Middle Childhood. Infant and Child Development, 30(5). https://doi.org/10.1002/icd.2252

Saharani, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2021). Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun di TK Mardi Putra 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2(1), 19-30. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.1.19-30.

Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2352–2360. ttps://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986

Setyowati, E. I., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2022). Perbedaan Sikap Kemandirian Anak Usia Dini pada Masa Pandemi ditinjau dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja di TK Kartika X-5 Pusdik Arhanud. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 64–73. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p64-73

Stefani, A., Horn, H., Winkelmann, K., Geiser-Elze, A., Hartmann, M., & Kronmuller, K (2012). Attachment Styles and Outcome of Psychoanalytic Psychotherapy for children and Adolescents. Psychopathology, 46(3), 192-200. https://doi.org/10.1159/000341591

Sya’ Diah, H., Sutama, W., Astuti, W., Malang -Alamat, N., Ki, J., Gribig, A., 45, N., & Korespondensi, P. (2022). Upaya Guru Dan Orang Tua Dalam Memicu Kompetensi Abad 21 Anak TK Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 94-110. http://dx.doi.org/10.17977/um053v4i2p94-110

Tabachnick, A., He, Y. Z., L, C. E., & Dozier, M. (2022). Secure Attachment in Infancy Predicts Context-Dependent Emotion Expression in Middle Childhood. Emotion (Washington, D.C.), 22(2), 258–269. https://doi.org/10.1037/emo0000985

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Maruddani, R.T,J. & Sugito. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4), 2022–3771. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1731

Widiyono, A. (2021). Implementasi Parenting Berkala Untuk Menumbuhkan Kelekatan Anak di KB Permata Kita Kudus. Paudia, 10(2), 310–320. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9499

Zajac, L., Raby, K., & Dozier, M. (2019). Sustained Effects on Attachment Security in Middle Childhood: Results From a Randomized Clinical TRial of The Attachment and Biobehavioral Cacth-up (abc) intervention. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 61(4), 417-424. https://doi.org/10.1111/jcpp.13146




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v11i1.22189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dita Dwi Nursyafitri, Thomas Iriyanto, Wuri Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats