Edukasi Seks Anak Usia Dini: Sebuah Pengenalan Melalui Modul Anggota Tubuh
Abstract
Kasus kekerasan seksual terhadap anak mencapai 5.996 dengan rincian 31% kasus melibatkan anak laki-laki dan 69% melibatkan anak Perempuan. Penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan tujuan untuk mengetahui model pengembangan modul edukasi seks untuk anak usia dini. Penelitian ini hanya dilbatasi sampai pada 7 tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan revisi produk dengan tujuan untuk mengetahui model pengembangan modul untuk pendidikan seks anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi materi sebesar 66.66% (Kategori Layak) dan validasi media sebesar 80,40% (Kategori Sangat Layak) sehingga rata-rata validasi sebasar 73,53% yang masuk dalam kategori Layak. Selanjutnya pada uji coba produk yang dilakukan di TK Barunawati Kupang dengan 3 orang guru dan 13 anak mendapatkan rata-rata respon 89,65% (Kategori Sangat Menarik) dengan respon dari guru 89,70% (Kategori Sangat Menarik) dan Respon dari anak 89,61% (Kategori Sangat Menarik). Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai salah satu upaya mengenalkan pendidikan seks pada anak usia dini
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani, D. N., & Ayu, R. (2018). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Sains. Natural Science Education Research, 1(2), 235-242. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4837/0
Adikusuma, M. P., & Maharani, E. A. (2023). Pengetahuan, Sikap, dan Persepsi tentang Pendidikan Seks pada Pendidik Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 312-321. https://www.aulad.org/aulad/article/view/511/269
Cahya, Yunisari, dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Metode Pembelajaran Edutainment Pada Anak Kelompok B Di Tk Al-Kautsar Indralaya. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4(1), 1-11. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/article/view/8225/4214
Dewantari, A. A. (2014). Sekilas Tentang Pop Up. Lift the Flap, dan Movable Book. Desain Grafis. www.dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap-dan-movable-book.html
Fauziah, G., dkk. (2023). Program Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 3(1), 37-45. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v3i1.8232
Fitrianai, D., dkk. (2021). Gender Equality: International Journal Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift the Flap “Auratku”. Dewial Child and Gender Studies. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33-46.
Gall, M.D. dkk. (2003). Educational Research: An the Intruction (7th ed). Boston: A & B. Publication. www.netlibrary.com
Gunarsa, Singgih D.G. (2012). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Gunung Mulia.
Irsyad, Mohammad. (2019). Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini: Tindakan Pendampingan dan Pencegahan. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73-86. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1374/1200
Jatmikowati, T. E., dkk. (2015). A Model and Material of Sex Education for Early Ages Children. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(3), 434-448. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7407
Lestari, N. E. & Herliana, I. 2020. Implementasi Pendidikan Seks Sejak Dini Malalui Audio Visual. Jurnal Pendidikan Masyarakat Indonesia Maju,1(1), 29-33. https://journals.stikim.ac.id/index.php/JLS1/article/view/566
Maryam, S. (2017). Gambaran Pendidikan Orang Tua dan Kekerasan pada Anak dalam Keluarga di Gampong Geulanggang Teungoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Gender Equelity: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 69-76. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/equality/article/view/1949
Nursalam, N. & Efendi, F. 2014. Pendidikan Dalam Keperawatan. Salemba Medika.
Oktavianingsih, E., & Ayriza, Y. (2018a). Teachers' knowledge and belief for educating sexuality for kindergarten students. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(2), 307-318. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i2.19760
Oktavianingsih, E., & Ayriza, Y. (2018b). Developing A Self-Protection Guidebook for Kindergarten Teachers. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 99-105.
Oktavianingsih, E. & Fazriatin, R.P. (2019). Edukasi seks untuk anak usia dini. Refika Aditama.
Simbolon, J., dkk. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan. Jurnal Pendidikan dan Humaniora: Kompetensi, 12(2), 116-121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25
Solihin. (2015). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(1), 56-74.
https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/695/548
Sholikatin, B., Adhani, D. N., & Oktavianingsih, E. (2022). The Development of Audio-Based Busy Books to Introduce Sex Education to Children Aged 5-6 Years. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 7(1), 46-55. https://doi.org/10.24269/jin.v7i1.4933
Wajdi, F., & Arif, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak Sebagai Upaya Pemahaman Dan Menghindari Pencegahan Kekerasan Maupun Kejahatan Seksual. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 129-137. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.130
Zubaedah, S. (2016). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Kota Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 55–68. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1267
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.22089
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kristin Margiani, Angelikus Nama Koten, Maria Eclasya Santrisna Ralim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506