Media BUBOP (Busy Book Puzzle) untuk Menstimulus Kemampuan Visual Spasial Anak
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan visual spasial anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Sidorejo 2 Ngawi. Fasilitias media pembelajaran yang minim sehingga peneliti mengembangkan media yang berjudul BUBOP (Busy Book Puzzle) Menstimulus Kemampuan Visual Spasial Anak yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall. Indikator usia dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di TK Sidorejo 2 Ngawi dengan jumlah subjek 25 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (ahli materi, ahli media pembelajaran), lembar observasi respon anak dan dokumentasi. Hasil penelitian mennunjukkan bahwa nilai yang diperoleh media BUBOP dari ahli materi dengan persentase sebesar 88% dengan ketentuan “valid”, dari ahli media pembelajaran tahap 1 dengan persentase sebesar 69% dan tahap 2 sebesar 84%. Uji lapangan awal persentase sebesar 81% dengan ketentuan “menarik”, uji lapangan utama dengan persentase sebesar 85% dengan ketentuan “menarik”, uji lapangan skala besar dengan persentase sebesar 90% dengan ketentuan “menarik”. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengetahui media BUBOP (Busy Book Puzzle) dalam menstimulus kemampuan visual spasial anak. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa alternatif media dalam stimulasi kemampuan visual anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, R., & Kurniawati. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Cross Road Map. Pedagogi:Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 83–98.
Aifah, R. R., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2015). Pengembangan Media Permainan Puzzle Tetris Mathematics pada Materi Bangun Datar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 51-58).
Amal, A., Bachtiar, M. Y., & Makassar, U. N. (n.d.). Pengaruh aplikasi Kids Puzzles Game terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun di TK. x(x), 1–6.
Amatullah, A. A., Hariyanti, D. P. D., & Purwadi, P. (2022). Analisis Penggunaan Puzzle Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Anak. Wawasan Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9732.
Dorlince, S., & Lady, E. (2015). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kecerdasan Visual- Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Masjid Agung Medan T.a. 2014/2015. Jurnal Bunga Rampai Usia Emasa Emasas, 1(1), 7–13.
Erica, Marmawi R, D. M. (2018). Peningkatan kecerdasan visual spasial melalui permainan puzzle pada anak usia 5-6 tahun. Pedagogika, 9(1), 17–34.
Fathimah, N. S., & Ishartiwi, I. (2018). Pengembangan multimedia permainan interaktif pembelajaran berhitung bagi anak diskalkulia usia prasekolah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15541.
Haryono, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Puzzle Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 5-11.
Indira, E. W. M., Murnaka, N. P., Haryanti, H., & Paduppai, A. M. (2023). Kemampuan Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Puzzel Tangram. Sentra Cendekia, 4(1), 1–14. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/view/2502%0Ahttps://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/Jsc/article/download/2502/1810.
Layli, R. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8.
Manurung, A. A., & Simanjuntak, J. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T . A 2018 / 2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 2–6.
Masyah, M. S. dan D. D. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui bermain tebak gambar pada anak kelompok A1 di PAUD kemala Bhayangkari Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 101–106. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2894.
Mubaroroh, A., Hidayah, N., & Pramono, P. (2023). The Effect of Emotion Change Puzzle Media on Visual-Spatial Intelligence for Early Childhood Education. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 7(4), 159–168. https://doi.org/10.14421/jga.2022.74-01.
Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2020). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA’DIB, 12(2), 226. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217.
Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410–3417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410
Nurfarida, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran stem berbantuan media pembelajaran. Skripsi, 1–156. http://repository.radenintan.ac.id/6653/1/Skripsi Full.pdf
Pa’indu, S., Sinaga, R., & Keriapy, F. (2021). Studi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Sentra Balok. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 78–91. https://doi.org/10.51615/sha.v1i1.6
Permata, R. D. (2020). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 4-5 tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1-10.
Prasetyoningrom, W., Sutijan, & Shaifuddin, M. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Pada Tema Pekerjaan Melalui Media Puzzle Gambar (Penelitian Tindakan Kelompok Anak Kelompok B2 TK Pertiwi 02 Jenengan, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014). Universitas Sebelas Maret, 2(5), 1–7.
Putri, A. A. (2021). Kegiatan Montase dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 997–1006. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1624.
Rachmawati, Y. (2020). Hubungan antara Kegiatan Bermain Maze dengan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2), 74–82. https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9731.
Safitri, D., Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 1–16.
Srianis, K., Suarni, N. K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Sustainable, J. I. (2019). No Title. 2(2), 176–197.
Syafa’at, I., Annanto, G. P., & Putri, L. I. (2022). Mainan Mekanikal Edukatif sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Siswa TK Pelangi Nusantara Semarang. Palawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.31942/palawa.v1i1.7041.
Utami, A. R., Hasibuan, C. A., Ismayani, W., Handayani, W. I., & Khadijah, K. (2022). Pengembangan Permainan Puzzle dalam mengembangkan kognitif anak usia dini di TK Islamiyah NU. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 55-64.
Wathoni, H., Kustiono, K., & Ahmadi, F. (2021). Multimedia-based e-puzzle development to improve visual-spatial abilities and early childhood religious character. Journal of Primary Education, 10(2), 141–150. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/download/47209/19149
Zainuddin. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Multiple Intelligences. Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 121–143.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.21999
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rena Febry Anjeli Putri, Dwi Nurhayati Adhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506