Analisis Penerapan Media Powerpoint Ditinjau dari Kompetensi Guru Kelompok A di TK Negeri Pembina Semarang
Abstract
Guru era society 5.0 adalah guru dengan pemenuhan 4 standar kompetensi dasar yang cakap dengan penggunaan teknologi. Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia tergolong memiliki kompetensi yang rendah terhadap penggunaan teknologi. Hasil pengamatan di TK Negeri Pembina Semarang memiliki permasalahan yang sama yaitu guru mengalami kesulitan saat menerapkan teknologi sebagai media pembelajaran karena kurangnya pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional Guru Kelompok A TK Negeri Pembina Semarang dengan menerapkan media powerpoint sebagai media teknologi sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus. Informan penelitian berjumlah 4 orang Guru Kelompok A di TK Negeri Pembina Semarang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan powerpoint sebagai media pembelajaran komputer, guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dalam menyelenggarakan kegiatan mendidik menyenangkan sesuai karakteristik anak yaitu belajar sambil bermain dengan memanfaatkan teknologi. Selain itu, meningkatkan kompetensi profesional dalam mengembangkan materi sesuai bidang keilmuan dan merancang kegiatan kreatif sesuai perkembangan anak. Kontribusi penelitian ini yaitu pendampingan penerapan powerpoint. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa perlu adanya pendampingan lebih lanjut mengenai penerapan powerpoint sebagai rujukan dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait kompetensi guru di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); I). Syakir Media Press.
Abidin, J., Hamidah, & Nureshara, S. H. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di TK Bina Hasanah Cimidi. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52–64. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6341
Anggreni, M. A., Sumantri, S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2022). Kompetensi Guru dalam Penerapan Budaya pada Lembaga PAUD di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3160–3168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1585
Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Tenaga Pendidik PAUD HIMPAUDI Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 6(1), 16–24. https://doi.org/10.33019/jpu.v6i1.1423
Cahayanti, N. K. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Domino Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 132-140. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35383
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar (M. I. A. Syauqi (ed.); 1st ed.). Penerbit Laksita Indonesia.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 1-8. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Damayanti, A., Priyanti, N., Iswan, I., & Rahmawati, L. (2022). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya TIK dalam Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2404–2410. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1855
Daryanto. (n.d.). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. AV Publisher.
Erdiyanti, E., & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non PG-PAUD Melalui Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68–79. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.34
Galatea, C. K., Oktarini, W., Priantari, I., & Agsutina, K. H. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif untuk Peningkatan Keterampilan Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 373–376. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.10347
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2020). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76
Hadiyanto. (2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Rineka Cipta.
Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135-146. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668
Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. D. (1990). Instructional Media and The New Technologies of Instruction (3rd ed.). Macmillan.
Isma, C. N., Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317
Kurniasih, S., & Rahimah, R. (2021). Penggunaan Power Point Interaktif Dalam Kegiatan Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Di Masa Pandemik Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 233–249. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.10028
Lestandy, M., Syafaah, L., & Faruq, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru TK ABA 16 Malang Melalui Pelatihan dan Pendampingan di Bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komputer). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1338–1344. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7543
Loukatari, P., Matsouka, O., Papadimitriou, K., Nani, S., & Grammatikopoulos, V. (2019). The Effect of a Structured Playfulness Program on Social Skills in Kindergarten Children. International Journal of Instruction, 12(3), 237–252. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12315a
Lutfiana, R. F. (2021). Analisis Kompetensi Profesional Guru Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information Technology. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v7i1.15739
Munasti, K., & Suyadi, S. (2022). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567
Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Nuraeni, R., Pattiasina, P. J., & Ulfah, A. (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 659-666. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1045
Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., & Grace, E. (2022). Improving Teacher’ Competence Trough The Implementation of The 21th Century Competencies in A Post Covid 19 Pandemic. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1486-1497. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340
Rahmawati, Y., & Suharyati, H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembuatan Bahan Ajar Multimedia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 977–984. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.977-984.2022
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480
RI, P. P. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Sekertariat Negara.
Rumpoko, A. U. T., & Diana, D. (2022). Kesiapan Kompetensi Guru PAUD dalam Menyongsong Pendidikan AUD di Era Society 5.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6641–6650. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3023
Semiawan, C. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Arita (ed.)). Grasindo.
Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Penguasaan IT Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran di Masa Pandemi. Forum Paedagogik, 12(2), 201–215. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.3901
Silalahi, R. Y. B., & Sahara, S. (2022). Upaya Pengembangan SDM Guru PAUD Berbasis Kompetensi Profesional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6478–6491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2691
Siswanto, R. (2022). Transformasi Digital dalam Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi. Kemendikbud.Go.Id. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/transformasi-digital-dalam-pemulihan-pendidikan-pasca-pandemi
Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64-69. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.2372
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitaatif dan RnD (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543-550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117
Taib, B., & Mahmud, N. (2022). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842
Winarti, W., Nurhayati, S., Rukanda, N., Musa, S., Jabar, R., & Rohaeti, E. E. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran Daring Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5621–5629. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3111
Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258
Wulandari, C. (2020). Penerapan Pendekatan Santifik Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/35094/
Zakiya, & Nurhafizah. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.21595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mila Erviana, Neneng Tasu'ah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506