Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru di TKMNU Sunan Giri Balung Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional guru di TKMNU Sunan Giri Balung Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif (mix method). Analisis data menggunakan statistik inferensial dengan uji Mann-Whitney U sebagai alternative uji T. Sampel penelitian ini adalah semua guru di TKMNU Sunan Giri Balung Jember yang berjumlah 13 guru dan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data utama pada penelitian ini adalah melalui kuesioner, serta observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional guru di TKMNU Sunan Giri Balung. Sebagaimana rumus Uji Mann-Whitney U yakni nilai Asymp. Sig sebesar 0,171 dan lebih besar dari 0,05. Selain sertifikasi terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi kompetensi profesional guru yang meliputi latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, keadaan kesehatan, sarana pendidikan yang tersedia, kedisiplinan guru, dan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi bahwa sertifikasi guru tidak dapat menentukan kompetensi profesional guru pada pendidikan anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AD, A. T., Arafat, Y., & Juliansyah, M. (2023). Kinerja Guru di SD Negeri Gugus 1, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah: Pengaruh Kompetensi Guru Dan Sertifikasi Guru. Journal on Education, 6(1), 2449–2464. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3268
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 1830187. https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.19
Andriani, Yuli. (2020). Dampak Program Sertifikasi terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru pada SMAN 1 Gaung Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal MAP 3(4), 549-560. https://doi.org/10.37504/map.v3i4.292
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Rineka Cipta.
Cahyana, A. (2010). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(1), 85–91. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i1.434.
Dewantara, A. H., B, A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/article/view/1039.
Hanafi, M. (2017). Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Budaya, 5(1), 2354–7294.
Hanifuddin, J. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Edupedia, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489.
Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Hidayatul Quran.
Iskandar, A. (2020). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah . Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 69–82. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5976.
Lestari, Y. anggi, & Purwanti, M. (2018). Mixed methods. Jurnal Kependidikan, 2(1), 197–208. https://doi.org/10.4324/9780203813324-11.
Manaf, S., & Rokimin. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 1(5), 375–383. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.527.
Marwiyati, S., & Kinasih, A. S. (2022). Shadow Teacher dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini di Lembaga Raudlatul Athfal. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(1), 29–46. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i1.10674.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.
Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565.
Peraturan Meteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2009. Penyelenggaraan Pendidikan oleh Lembaga Asing di Indonesia. 30 Maret 2009.
Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. 4 Mei 2007. Jakarta.
Rizki Tiara, D., & Pratiwi, E. (2020). Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362–368. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2624.
Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Dee Publish.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujanto, Bedyo. (2009). Cara Efektif Menuju Sertifikasi Guru. Raih Asa Sukses.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Jakarta.
Yahya, Murip. (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. CV Pustaka Setia.
Yunus, M. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112–128. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a10
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.20714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Baylisa Putri Sudariyatna, Aisyah Nur Atika, Baylisa Putri Sudariyatna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506