Analisis Kemampuan Berhitung Anak Usia 3-4 Tahun Menggunakan Media Montessori

Iin Setiani, Kintan Limiansih

Abstract


Anak usia 3-4 tahun mengalami kesulitan membilang dan menulis aksara awal berupa angka. Belajar matematika dilakukan sejak dini untuk membangun kemampuan berpikir logika anak. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 5 anak berusia 3-4 tahun. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia 3-4 tahun memiliki kemampuan berhitung yang baik. Kemampuan berhitung yang baik tersebut ditunjukkan dengan mampu membilang jumlah suatu benda dengan percaya diri. Anak mampu mengikuti instruksi untuk menyalin angka di pasir. Anak mampu memilih dan membilang kertas berbentuk angka yang disajikan. Anak mampu menggambar atau mewarnai sesuai imajinasinya di kertas berbentuk angka. Penelitian ini berimplikasi bahwa mengenalkan angka sejak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media Montessori.


Keywords


Kemampuan berhitung; Media montessori; Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2022). Keaksaraan Awal pada Anak Usia Dini: Tinjauan dari sudut pandang orang tua dan pendidik. As-Sibyan: Jurnal pendidikan anak usia dini, 7 (2), 210-223. https://core.ac.uk/download/pdf/539269146.pdf

Azzahra, I., Ichsan, I., & Andriani, K. (2022). Minat Orang Tua Menyekolahkan Anak di Lembaga PAUD pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal AUDHI, 5 (1), 42-51. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/966

Deslegina, D., & Hatiningsih, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Puzzle. Jurnal pendidikan mandala, 7 (3), 654-662.

https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/3900

Kurniati, A., Iksan, M., & Poni, W. (2022). Kegiatan Bermain Pasir di Pesisir Pantai untuk Menstimulasi Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Mambulu. Jurnal lentera anak, 3 (1), 34-43. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/JLA/article/view/3043

Mulyana, E. H., Rahman, T., & Alfioni, L. N. (2022). Elaborasi Instrumen Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK), 4 (4), 2669-2676. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5870.

Muqtafia, A. C., Kurniawati, A. I., Amanda, F. M., & Setiawaty, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan literature review. Seminar nasional II LPPM ummat, 1 (1), 296-309.

http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9660.

Muriyana, T. (2022). Kajian Sastra Bandingan: Perbandingan Aspek Citraan (Imagery) dan Makna dalam Puisi "Peringatan" karya Wiji Thukul dengan Puisi "Caged Bird" Karya Maya Angelou. Enggang: Jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya, 2 (2), 217-227. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/4946.

Natalia, D., & Kurniawaty, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool. Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK), 4 (6), 4948-4956. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9049.

Nendria, N., Handayani, T., & Fitri, I. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten Oki. JEMS: Jurnal edukasi matematika dan sains, 11 (1), 348-358. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/15567.

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal pacu pendidikan dasar, 2 (1), 36-45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241.

Pasinggi, Y. S., Zainal, Z., & A.Nurfauziah. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Selama Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Axioma: Jurnal matematika dan pembelajaran, 7 (1), 62-71. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/AXI/article/view/1198.

Putri. (2022). Efektivitas Permainan Media Bowling Terhadap Kemampuan Berhitung kelompok A di TK Handayani Kota Cirebon . Journal of modern early chilhood education , 2 (1), 1-8. https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/439.

Rosyani, R., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Berdasarkan Analisis Pola Pengasuhan. As-Sibyan: Jurnal pendidikan anak usia dini, 7 (2), 158-166. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/5728.

Rupnidah, R., & Suryana, D. (n.d.). Media Pembelajaran Anak Usia Dini . Jurnal PAUD agapedia , 6 (1), 49-58. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/48199.

Sukarni, N. (2023). Meningkatkan Prestasi dengan Bermain sambil Berlatih di SDN Kauman 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 9 (1), 34-43. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3396.

Suryaningsih, N. M., et al. (2023). Strategi pembelajaran berbasis digital: Berbagi ilmu bidang pengetahuan. Media Sains Indonesia.

Widodo, L., Adistiani, & Wulandari, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan melalui Media Celengan pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Trisunar Oku. Kapalamada: Jurnal multidisipliner, 1 (3), 335-344. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/Kapalamada/article/view/244.

Yanuarsari, R., Latifah, E. D., & Lisnawati. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Berhitung dengan Media Flash Cards (Studi deskriptif di RA Al-Furqon Kabupaten Ciamis). Judikbud: Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 128-133. http://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jurdikbud/article/view/261




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i2.20547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iin Setiani, Kintan Limiansih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats