Penerapan Prinsip Adult Learning untuk Meningkatkan Pemahaman orang Tua mengenai Pentingnya Bermain Sambil Belajar bagi Anak Usia Prasekolah
Abstract
Bermain sangat penting dalam kehidupan anak. Oleh karena itu orangtua perlu memahami hal tersebut, sebab orangtua berperan penting dalam menstimulasi perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan prinsip adult learning dalam pelatihan untuk meningkatkan pemahaman orangtua mengenai pentingnya bermain sambil belajar bagi anak usia prasekolah. Materi pelatihan mencakup aspek perkembangan masa kanak-kanak awal, manfaat bermain, prinsip bermain sambil belajar, dan peran orangtua dalam mengoptimalkan perkembangan anak, yang didiskusikan berdasarkan teori dan refleksi pengalaman subjek sebagai orangtua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip adult learning dalam pelatihan efektif untuk meningkatkan pemahaman orangtua mengenai pentingnya bermain sambil belajar bagi anak prasekolah.
Keywords
pemahaman, orangtua, bermain sambil belajar, prasekolah, adult learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v3i1.718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2012 Fiona Widya Soenarko, Yettie Wandansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexed by:
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.