Hubungan antara Kecenderungan Depresi Ibu-ibu yang Memiliki Anak dengan Cerebral Palsy dengan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial

Satih Saidiyah

Abstract


Memiliki anak cerebral palsy merupakan hal yang tidak diinginkan oleh orangtua, khususnya ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hubungan antara kecenderungan depresi dan efikasi diri, 2) hubungan antara kecenderungan depresi dengan dukungan sosial. Analisis regresi ganda digunakan untuk menguji dua hipootesis. Hasil penelitian menunjukkan, pertama: kecenderungan depresi dengan efikasi diri berkorelasi secara signifikan pada -0,308 (p kurang dari 0.05); F=2,939 (p kurang dari 0,05); R Square 9,5 persen, kedua, kecenderungan depresi dengan dukungan sosial berkorelasi secara signifikan pada -0,470 (p kurang dari 0,01); F=7, 944 (p kurang dari 0,01); R Square 22,1 %. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial memiliki korelasi yang signifikan pada 0,355 (p kurang dari 0, 05); F= 4,354 (p kurang dari 0, 05); R Square 24,4 persen. Faktor-faktor yang mempengaruhi depresi ibu antara lain banyak anak, kurangnya pendidikan, tekanan ekonomi keluarga, dan kondisi nyata yang tidak diketahui pada anak cerebral palsy. Berdasarkan data, terdapat dua coping yang menyumbangkan kecenderungan depresi yaitu pemberdayaan efikasi diri dan dukungan sosial.

Keywords


kecenderungan depresi ibu-ibu yang memiliki anak dengan cerebral palsy, efikasi diri, dukungan sosial



DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v2i1.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Satih Saidiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.