PENGEMBANGAN DAN VALIDASI INSTRUMEN ”ORGANISASI PEMBELAJARAN ISLAM (ISLAMIC LEARNING ORGANIZATION)” DENGAN MODEL RASCH

Kiki Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan dan validasi instrumen ”Organisasi Pembelajaran Islam (Islamic Learning Organization)pada organisasi dengan manajemen Islam. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 karyawan dari empat perusahaan yang berbeda. Pengembangan alat ukur dengan metode kuantitatif menggunakan skala likert dengan lima pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan Skala Organisasi Pembelajaran Islami reliabel (Reliabilitas aitem α=0,97; reliabilitas responden α=0,94; cronbach alpha /KR-20 α=0,94)  dan valid (Validitas aitem dengan rata-rata nilai logit aitem 0,0; validitas responden dengan rata-rata nilai logit +1,13) dalam mengukur organisasi pembelajaran pada organisasi Islam dengan pilihan jawaban yang pas dan mudah dipersepsi oleh responden (Uji Rasch-Andrich Threshold). Lalu, Skala organisasi pembelajaran Islami telah memenuhi syarat untuk validitas kriteria, hal ini ditunjukkan dengan adanya hubungan yang sangat signifikan dengan Skala Organisasi pembelajaran (Deka, 2011) menghasilkan r=0,763 dengan p=0,000 (p kurang dari 0,01)  untuk validitas konkuren dan adanya hubungan yang signifikan dengan perilaku kerja inovatif (Innovative Work Behavior) dari Liemijanto (2012) menghasilkan r=0,209 dengan p=0,039 (p kurang dari 0,05) sebagai validitas prediktif. Keberfungsian aitem diferensial (DIF) mendeteksi terdapat 18 aitem yang bias dari 50 aitem yang ada.

Keywords


Organisasi Islam, pembelajaran, pengembangan instrument, Rasch



DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v10i2.6593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Kiki Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.