Hope, Self Regulated Learning, dengan Problem Focus Coping Mahasiswa Tingkat Akhir

Puri Aquarisnawati, Fauziah Julike Patrika

Abstract


Mata kuliah Penulisan Skripsi merupakan syarat wajib mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di jenjang Sarjana. Selama pengerjaan skripsi, mahasiswa seharusnya aktif mencari teori-teori dan literatur-literatur dalam berbagai sumber yang sahih, membaca dan memahami literatur, dan melakukan diskusi serta bimbingan kepada dosen pembimbing, namun fakta yang ditemukan, mahasiswa memiliki perilaku-perilaku yang tidak mendukung penyelesaian penulisan skripsi yang mengarah pada problem focus coping. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara hope, self regulated learning, dengan problem focus coping pada mahasiswa tingkkat akhir yang sedang menyelesaikan skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan teknik sampling jenuh sebagai teknik pemilihan subyek penelitian. Data penelitian diolah dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan teknik korelasi ganda untuk menguji hipotesis minor dan hipotesis mayor. Hasil penelitian menunjukkandiperoleh nilai R sebesar 0,648. Nilai sig. F.Change diperoleh 0,000 yang menunjukan bahwa 0,000 < 0,05 yang artinya variabel self regulated learning dan hope memiliki korelasi dengan variabel problem focus coping. Uji signifikansi digunakan untuk menentukan F hitung, didapatkan nilai F.Change dan F.hitung > F.tabel yaitu 27,193 > 3,119. Hasil menunjukan bahwa hipotesis mayor diterima, dan ada hubungan antara variabel self regulated learning dan hope dengan problem focus coping.


Keywords


Hope; self regulated learning; problem focused coping; mahasiswa tingkat akhir

References


Azwar, S. (2014). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muyan, M. 2017. A model towards subjective well-being: The roles of dispositional and state hope, cognitive flexibility, and coping strategies. Thesis. The Department of Educational Sciences. Middle East Technical University. https://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12621216/index.pdf

Folkman, S., & Lazarus, R. S. (1980). An analysis of coping in a middle-aged community sample. Journal of Health and Social Behavior, 21(3), 219. https://doi.org/10.2307/2136617

Lazarus, R.S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer.

Lazarus, R.S. & Folkman, S. (1986). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer.

Lazarus, R.S., & Folkman, S. (1987). Transactional theory and research on emotions and coping. European Journal of Personality, 1(3), 141-169. https://doi:10.1002/per.2410010304.pdf.

Othman, R., Kamal, N.M, Alias, N.E., Ismail, S., & Sahiq, A.N (2018). Positive psychological traits and career adabtability among millennials. International Journal of Academic Research in Busniess an Social Sciences. http://dx.doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i9/4706

Santrock, J.W (2018). Life span development (17th edition). New York: McGraw-Hill.

Seligman, M. E. P. (2008). Menginstal optimisme. Bandung: PT. Karya Kita.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarna Indonesia.

Snyder, C.R., Sympson, S.C., Ybasco, F.C., Borders, T.F., Babyak, M.A., & Higgins, R.L. (1996). Development and validation of the state hope scale. Journal of personality and social psychology 70(2):321-35. http://dx.doi.org/10.1037/0022-3514.70.2.321

Snyder, C. R. (2000). Hypothesis: There is hope. In C. R. Snyder (Ed.), Handbook of hope: Theory, measures, and applications (pp. 3-21). California: Academic press.

Snyder, (2005). Teaching: The lessons of hope. Journal of Social and Clinical Psychology, 24 (1), 72–84. https://doi.org/10.1521/jscp.24.1.72.59169

Rindahayu, T. (2022). Hubungan antara hope dan social skill dengan problem focused coping pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Di unduh dari https://repository.radenintan.ac.id/19525/ pada tanggal 0 Oktober 2024.

Zapata, L. (2014). Relations between the personal self-regulation and learning approach, coping strategies, and self-regulation learning, in university students (process). International Journal of Developmental and Educational Psychology, vol. 4, num. 1, 2014, pp. 175-186. https://www.redalyc.org/pdf/3498/349851787018.pdf.

Zomeren,M.V., Pauls, I.L.,Chen, S.C.(2019). Is hope good for motivating collective action in the context of climate change? Differentiating hope’s emotion- and problem-focused coping functions. Global Environmental Change, volume 58. https://doi.org/10.1016/j.gloenvcha.2019.04.003




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v15i2.27862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Puri Aquarisnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.