Gambaran Dukungan Sosial Keluarga yang Memiliki Anak Tuna Rungu

Fadlia Nur Fauziah Kumala, Ainani Kamalia, Siti Khorriyatul Khotimah

Abstract


Peran orang tua khususnya ibu sangatlah penting dalam perkembangan anak tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran dukungan sosial keluarga yang memiliki anak tuna rungu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus dengan subjek penelitian ini adalah 2 anak tuna rungu (AB dan D) dengan informan tambahan 2 ibu dari kedua anak tersebut yaitu Ibu I dan A Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara semi tersruktur yang mana jenis wawancara ini sudah termasuk dalam kategori indepth interview, dimana pelaksanaannya lebih bebas dan terbuka dalam melakukan wawancara. Dari hasil dari penelitian ini diketahui bahwa dukungan sosial yang dialami oleh subyek dapat dijelaskan dalam dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informatif, dan dukungan persahabatan. Bentuk dukungan sosial keluarga yang didapatkan oleh subyek AB dan D berbeda yang berpengaruh terhadap kepercayaan diri, keterbukaan dan keberaniannya. Salah satu hal yang berkaitan dengan dukungan sosial keluarga pada anak penyandang disabilitas tunarungu adalah kualitas komunikasinya dengan keluarga yang lebih banyak dengan ibu, cenderung mendukung keterbukaan anak pada ibunya.


Keywords


dukungan sosial; komunikasi efektif; anak tuna rungu; family social support; communication; deaf children

References


Arikunto, Suharsimi. 1980. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka.

Baron, R. A dan Donn Byrne. 2003. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Damayanti, I., & Sri Hadiati Purnamasari. 2019. Hambatan Komunikasi Dan Stres Orangtua Siswa Tunarungu Sekolah Dasar. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau .

Danial dan Wasriah. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium

Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra

Aditya Bakti.

Gunarsa, Dr Singgih D. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hurlock,Elizabeth B.1997.Perkembangan Anak Jilid I (edisi ke enam).Jakarta : Erlangga.

Husein Umar. 2001. Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia

Judith G. Ainbinder, Lynn W. Blanchard, et al. 1998. A Qualitative Study of Parent to Parent Support for Parents of Children With Special Needs, Journal of Pediatric Psychology. Vol 23 (2). 99–109, https://doi.org/10.1093/jpepsy/23.2.99

Kuswarno, Engkus.2008. Etnografi Komunikasi Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.

Luddin, Abu Bakar M. 2010. DasarDasar Konseling. Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Kampus Baru UI, Depok

Mar’at. 2008. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Bandung: Ghalia Indonesia.

Maryati, & Suryawati. 2003. Sosiologi 1. Jakarta : Erlangga.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ilhalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sugihartono, at all. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press

Rahayu, Nuryani Tri.2009. Tayangan Hiburan TV dan Penerimaan Budaya Pop. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA. Surabaya: Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra.

Sadja’ah, Edja. 2005. Bina Bicara Persepsi Bunyi dan Irama. Proyek Pendidikan Tenaga Guru Jakarta: Dikti Depdikbud.

Sarafino. E. P. 1997. Health Psychology: Biosychosocial Interactions. New York: John Wiley & Sons . Inc.

Sarafino, E.P., dan Smith, T.W. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). New York; John Wiley & Sons, Inc.

Sitaningrum, Cicilia Ayunda. 2021. Skripsi. Dukungan Orangtua Terhadap Anak Tunarungu. Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta

Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Sutjihati Somantri. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika

Thaibah, H., Mangkurat, U. L., Badali, J. F., Mangkurat, U. L., Mangkurat, U. L., Nisa, K. N., & Mangkurat, U. L. (2020). Dukungan Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus. November, 0–20.

Walgito, B. 2007. Piskologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta : Andi Offset.

Walgito, B. 2008. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21107/personifikasi.v13i1.13292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadlia Nur Fauziah Kumala, Siti Khorriyatul Khotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

Indexed by:
   

Creative Commons License
Personifikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.