THE INFLUENCE OF PROJECT BASED LEARNING-STEM MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES
Abstract
Full Text:
DOWNLOADReferences
Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi , 11 (2) 73-78
Afriana, J. et al. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2).
Astuti, I. D., Toto & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi , 11 (2) 93-97
Bell, S. (2010). Project-based Learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(2), 39-43.
Bhandal, A. (2018). STEM The Future of Amerika How to Improve Science, Technology, Engineering and Match Education in American System? New York: NY
Firman, H. (2015). Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan dan Peranan Riset Pasca sarjana. Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH Program Pascasarjana Universitas Pakuan.
Jauhariyyah, R. F. et al. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol. 2.
Kemendikbud. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT.Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Khaeroningtyas. (2016). STEM Learning In Material of Temperature and Its Change to Improve Scientific Literacy of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume. 2, No. 94-100
Lutfi, et al. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. http://ojs.unm.ac.id/semnasbio/index. (diunduh tgl 8 Nopember 2018)
Maulani, H. A. (2018). Unit Pembelajaran STEM Biologi SMA Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tanaman. Bandung: P4TK IPA
Muharohmah, D. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada konsep Evolusi. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Munir, A. S. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Media Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Tanggul. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNEJ.
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016. https://www.neliti.com/id/conferences/snps-vi-2016 (diunduh tgl 8 Nopember 2018).
Rahim, F. (2015). Pemerkasaan Ulul Albab melalui modul STEM bersepadu STEMind. Journal of Islamic Education. Volume 2, No. 1-12
Sariah. (2016). Panduan pelaksanaan Sains, Teknologi, Kejuruteraan, dan Matematik (STEM) dalam Pengajaran dan pembelajaran. Kementrian Pendidikan Malaysia: Malaysia.
Suardi. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Syukri, M. (2013). Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking “ESciT”: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM untuk Aceh. Aceh Development Internasional Conference. Volume 1. No. 105-112.
Wardiningrum, M. 2015. Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD Berbantukan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pena Sains.Volume. 2, No. 1.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v7i2.6443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.