EFFECTIVENESS OF COMICS ON STUDENT LEARNING OUTCOMES
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan adalah Tindakan. Prosiding: KS & Riset PKM, 2(2), 295-300. Retrieved from http:// jurnal.unpad.ac.id›prosiding›article›download.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gavarmedia.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang RI. No.20 tahun 2003. Retrieved from https:// kelembagaan.ristekdikti.go.id.
Fajar, N. (2016). Proses Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rambatan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 103-114. Retrieved from http://ppjp .ac.id/journal /article view.
Khosmas, A. & Amin, M. (2018). Penerapan Media LCD Proyektor Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII A SMP Islam Al-Asy’ariyyah Pontianak. Jurnal Untan, 7(12), 5-10. Retrieved from http://jurnal .untan.ac.id/index.php/jpdpb/ article /downlod/23803/18678.
Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai Dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Jurnal Pendidikan, 17(1), 212-224. http:// doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8 103.
Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Jurnal Pendidikan, 2(2), 233-245. Retrieved from http:// journal.uin-alauddin.ac.id›index.ph p›aulad una›article download.
Mutoharoh, Razali, & Nasbey, H. (2012). Pengembangan Komik sebagai Media Sebagai Media Pembelajaran Fisika untuk Siswa SMA. Seminar Nasional Fisika, 1(2), 126-131. Retrieved from http://journal.unj. ac.id.
Nisa’, A, Sudarmin & Samini. (2015). Efektivitas penggunaan modul terintegrasi etnosains dalam pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan literasi sains siswa, Unnes Science Education Journal, 4(3), 1049-1056. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/8860
Narulita, E., Prihatin, J., & Agatha, N. D. (2017). Pengembangan Buku Komik Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 67-83. Retri eved from http://journal.uad.ac. id/index.php/BIOEDUKATIKA.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8-18. https://doi .org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Panjaitan, R. G. P., Sari, D. P., Wahyuni, E.S., & Shidiq, G.A. (2019a). Feasibility of Human Excretory System Module in Biology Learning. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5(1), 84-93. https://dx.doi.org./10.30870/jppi. v5i1.3894.
Panjaitan, R. G. P., Lijana, & Wahyuni, E. S. (2019b). The Use Of Comic As a Learning Medium For Ecology. Unnes Science Education Journal, 8(1), 41-45. https://doi.org./10.152 94/usej.v8i1. 23194.
Panjaitan, R. G. P., Savitri, E., & Titin (2016). Pengembangan Media E-Comic Bilingual Sub Materi Saluran dan Kelenjar Pencernaan. Unnes science education journal, 5(3), 1379-1387. https://doi.org/10.1529 4/usej.v5i3.13167.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 67-77. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id.
Puspitorini, R., Prodjosusanto, Bambang, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Mening katkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413-420. https:// doi.org/1021831/cp.v3 i3.2385.
Siahaan, P. (2006). Jenis Gaya Belajar Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 8(2), 11-17. https://dx.doi. org /10.18269. jpmipa.v8i2.330.
Soramiranda, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Powerpoint Disertai Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII SMPN 2 Ketapang. Jurnal Lentera Sains, 6(2), 77-83. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3. 13167.
Sudrajat, A. (2007). Pengembangan Kegiatan Pembela jaran Mapel PAI. Retrieved from http://staffnew .uny.ac.id/upload/131862252/pengabdian/KEGIATAN+PEMBELAJA RAN+PAI +SMP.pdf.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Sujarwo, S. & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna terhadap Short Term Memory pada Siswa Kelas VIII SMPN 37 Palembang. Jurnal Psikologis Islami, 3(1), 33-42. https://doi.org.10.19109.psikis.v3 i1.1391.
Survia, Panjaitan, R. G. P., & Titin (2016). Pembuatan Media E- Komik Pada Sub Materi Zat Aditif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 5(7), 1-11. Retrieved from https://www.neliti.com/publiccatio ns/217236/pembuatan-media-ekom ik-pada-sub-materi-zat-aditif.
Sutrisno, L. (2010). Effect Size. Diambil dari http://www.sribd.com.
Susanto. (2013). Pengaruh Media Komik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Konsep Faktor dan Kelipatan. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 2-10. Retrieved from http://repository.uinjkt.acid/ bitstream/12345678.pdf.
Suwito, A. (2017). Pendekatan Parade untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Materi Sistem Pemerintahan Melalui Pemanfaatan Media Voucher pada Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Lasem. Jurnal Ilmiah CIVIS, 5(2), 843-854. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id.
Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Jurnal, 3(2), 78-90. Retrieved from http://ejour nal.upbatam.ac.id› index.php › cbis › article › download.
Tursinawati. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat SAINS dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 72-84. Retrieved from http://jurnal.unsy iah.ac.id.
Untari, M. F. A. & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan Media Komik Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29-39. https://doi.org/10.17509/mimbar-s d.v3i1.2354
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 263-277. Retrieved from http://jurnal. yudharta.ac.id.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v7i1.6377
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.