THE ANALYZING OF CRITICAL THINKING SKILLS ON STUDENTS OF HIGH SHOOLS GRADE X IN PLAJU AND SEBERANG ULU II DISTRICT
Abstract
Full Text:
DOWNLOADReferences
Ahmad, N. (2015). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena Yogyakarta.
Ahmar, D. S. (2016). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA Se-Kabupaten Takalar. Jurnal Sainsmart , Hal: 7-23.
Ahmatika, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Jurnal Euclid , 3(1), 394‒403.
Alfiana, A. D. (2013). Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan , 1(2), Hal: 245-259.
Ardina, P. R., & Kencana, W. D. (2013). Pengaruh Regulasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan , 30(2), 67‒76.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.
Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Regulasi Diri. Makara, Sosial Humaniora , 14(2), Hal: 91-97.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media.
Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BAN-SM. (2006). Hasil Akreditasi SMA/MA Kota Palembang. Palembang: Dinas Pendidikan Palembang.
Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma , Hal: 50-64.
Damayanti, E. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yogyakarta. Jurnal Biotek , 2(2), 54‒69.
Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based INstruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia , Hal: 108-114.
Ennis, R. H. (1993). Critical Thinking Assesment. Theory into Pratice , Hal: 179-186.
Facione, P. A. (2013). Critical Thiking: What It Is and Why It Count . Millbrae, CA: Measured Reason and The Caifornia Academic Press .
Fadillah, E. N. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Biologi untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir kritis Siswa SMA Kelas X Pada Materi Ekologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Friskilia S, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejujuran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , 1(2), Hal: 37-44.
Hidayat, A. F. (2013). Hubungan Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Kalkulus II Ditinjau dari Aspek Metakognisi, Motivasi, dan Perilaku. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , 01(01), Hal: 1-8.
Hilali, H. E. (2012). Pentingnya Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edu-Bio , 129‒136.
Istriyanti, N. L., & Simarmata, N. (2014). Hubungan Antara Regulasi Diri dan Perencanaan Karir pada Remaja Putri Bali. Jurnal Psikologi Udayana , 1(2), 301-310.
Khairunnisa. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMPN 3 Paringin pada Mata Pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA , 179-186.
Khotimah, F. N. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria dengan Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Kusaeri, & Mulhamah, U. N. (2016). Kemampuan Regulasi Diri Siswa dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika , 1(1), Hal: 31-42.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah , 1(2), Hal: 257-267.
Mukhid, A. (2008). Strategi Self Regulated Learning. Tadris , 3(2), 222‒239.
Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rokayana, N. W., & Efendi, N. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Science Education Journal , 1(2), 84‒91.
Sagap, Husain M.P, S. N., & Djirimu, M. (2014). Analisis Pemahaman Konsep Biologi Menggunakan Pilihan Ganda Beralasan dalam Materi Pokok Sel pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Jurnal e-Jipbiol , 2(3), 1‒8.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. Literasi , Hal: 49-59.
Subali, B., & Suyata, P. (2012). Pengembangan Item Tes Konvergen dan Divergen . Yogyakarta: Pustaka Indonesia.
Sujati. (2006). Manajemen Kelas yang Efektif dalam Pembelajaran. Dinamika Pendidikan , 109‒123.
Tabroni. (2007). Upaya Menyiapkan Pendidikan yang Berkualitas. Jakarta: Gaung Persada.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v5i2.4394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.