PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS METODE HYPNOTEACHING UNTUK MEMOTIVASI SISWA SMP DALAM BELAJAR IPA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Aris Singgih Budiarso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bahan ajar berbasis metode hypnoteaching untuk memotivasi siswa SMP dalam belajar IPA pada materi energi terbarukan yang memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Thiagarajan. Subjek penelitian adalah  siswa kelas VII A, VII C, dan VII D SMP Negeri Genteng. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, dokumentasi, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis metode hypnoteaching dapat memotivasi siswa SMP dalam belajar IPA pada materi energi terbarukan


References


Dick, W., Carey, L., dan Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.

Hakim, Andri. (2011) Hypnosis In Teaching: Cara Dahsyat Mendidik & Mengajar. Jakarta: Visimedia.

Hajar, Ibnu. (2011). Hypnoteaching “Memaksimalkan Hasil Proses Belajar Mengajar dengan Hypnoterapi”. Yogyakarta: DIVA Press.

Hamidah. N dan Komarayanti, S. (2016). “Use of Hypnoteaching to Improve Students Motivation and Activeness”. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. Vol 1 No 1.

Hamzah B. Uno. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah dan Rahmawati, E.Y. (2015). “Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 5. No 1.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.

Martinis, Yamin. (2007). Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, F.Y dan Mukhlis. (2011). Hypnolearning: 1 Menit Bikin Gila Belajar & Siap Jadi Juara. Jakarta: Visimedia

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i2.2349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.