UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIC SMPN 7 BANGKALAN PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION (STAD)

Ida Wahyuni, Eka Evriani

Abstract


Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD)  pada materi Alat Optik studi kasus siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, langkah-langkah pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan yang berjumlah 23 siswa. Data peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dianalisis dengan menggunakan N-Gain skor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui dengan peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata pertemuan 1 pre-test = 42,82 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25 setelah pembelajaran nilai rata-rata post-test= 73,04 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60, serta peningkatan rata-rata N-Gain skor kelas sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Pada pertemuan 2 pre-test = 42,82 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25 setelah pembelajaran nilai rata-rata post-test= 71,95 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 47, serta peningkatan rata-rata N-Gain skor kelas sebesar 0,51 dengan kategori sedang.

References


Anggoro, d. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Z. (2011). Penelitian Tindakan kelas untuk Guru SD, SMP, SMA, Tk . Bandung: Yrama Widya.

Asma, N. (2008). Model Pembelajaran kooperatif. Jakarta: Departemen Nasional Disektorat Jendral Pendidikan tinggi.

Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Widodo, A. (2007). Pendidikan IPA di SD. Bandung: Upi Press.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i2.2227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.