STUDI KOMPARASI KONVERSI MODULUS YOUNG DINAMIK KE STATIK PADA BATUPASIR DAN BATUGAMPING

Mochammad Ahied

Abstract


Pengukuran dinamik untuk mendapatkan konstanta elastik dihubungkan dengan besaran petrofisika utamanya porositas dan saturasi air sangat penting untuk penerapan penyebaran adanya reservoar. Sedangkan pengukuran statik biasanya dilakukan juga di dunia Migas untuk mendapatkan parameter mekanika batuan seperti, modulus Young, modulus onggok (bulk) dan nisbah Poisson, sehingga perlu dilakukan mendapatkan hubungan keduanya untuk mendapatkan secara langsung. Dari pengukuran dinamik dan statik pada penelitian ini dibuat model hubungan konstanta elastik pada modulus Young (E) dengan porositas terhadap batupasir dan batugamping yang tersaturasi secara penuh (Sw = 100%). Sehingga dengan diketahuinya satu konstanta elastik modulus Young dari pengukuran dinamik saja, maka dapat ditentukan pula semua konstanta elastik pada pengukuran statik tanpa mengukurnya.


References


Anonim, Petunjuk Penggunaan Alat “ Triaksial Compressive Strenght Tester”, Laboratorium Teknik Pemboran, Jurusan Teknik Perminyakan, ITB, 2000.

Dodi Hartawan, Pengolahan Data Uji Kekuatan Batuan dan Desain Alat Uji Triaksial, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perminyakan ITB, Bandung, 2001.

Fakhriyadi Saptono, Pemodelan Sifat Elastik dan Petrofisika Batuan untuk Penentuan Porositas dan Saturasi Fluida dengan Bantuan Data Seismik, Tesis Program Pascasarjana Bidang Sains dan Matematika, Studi Ilmu Fisika, Kekhususan Geofisika, UI, Jakarta, 2001.

Hudson, J dan Harrison, J, Engineering Rock Mechanics, Pergamon, 1997.

J.P. Schőn, Physical properties of Rocks Fundamental and Principles of Petrophysics, Vol.18, Handbook of geophysical exploration, 1999.

Milton B. Dobrin dan Carl H. Savit, Geophysical Prospecting, McGraw-Hill, Singapura, 1988.

Sugeng Riyono, Pengukuran Statik dan Dinamik, Bahan Kursus Internal di Lingkungan KPRY Eksploitasi, PPPTMGB Lemigas, Jakarta, 2002.

Suprayitno Munadi, Aspek Fisis Seismologi Eksplorasi, Program studi Geofisika, FMIPA-UI, Depok, 2000.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v2i2.1968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.