PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE MIND MAP DAN DISKUSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI DAN VERBAL SISWA

Sigit Dwi Saputro, Sarwanto ., Suparmi .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme menggunakan metode mind map dan diskusi, kemampuan memori, kemampuan verbal, dan interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental, dengan faktorial 2x2x2, mengambil 2 kelas sampel dari 8 kelas  X pada pokok bahasan hukum Newton  tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan: 1) pembelajaran konstruktivisme melalui metode mind map dan diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kognitif, prestasi  belajar kognitif metode mind map lebih baik daripada daripada metode diskusi, 2) kemampuan memori siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dalam ranah kognitif akan tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dalam ranah afektif, 3) kemampuan verbal berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi kognitif dan afektif belajar siswa, 4) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, 5) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dengan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, 6) tidak ada interaksi yang signifikan antara kemampuan memori dengan kemampuan verbal terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, 7) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran, kemampuan memori, dan kemampuan verbal terhadap prestasi kognitif dan afektif siswa.

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Buzan, T. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hawkins et al. 2007. The jigsaw cabas school: protocols for Increasing appropriate behaviour and evoking Verbal capabilities. European Journal Of Behavior Analysis. Vol 8: pp. 203 -220.

Rajendran et al. 2009. Working Memory in Children With Developmental Disorders. developmental disorders. Journal of Learning Disabilities. 42 (4). pp. 372-382

Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Septa, D dan Khoiri, N. 2008. Wayang sebagai pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII SMP Purnama 1 Semarang. Jurnal Penelitaian Pembelajaran Fisika. Vol 1 Nomor 1 April 2010

Serwey, RA dan Jewett, JW. Fisika untuk Sains dan Teknik Buku 2 Edisi 6. Jakarta Salemba Teknika

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto .2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Antariksa

Uno, HB dan Umar MK. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, HB. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Windura, S. 2008. Mind map Langkah Demi Langkah Cara Mudah & Benar dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind map untuk Meraih Prestasi. Jakarta: Gramedia.

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Grasindo

Williams et al. 2008. Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth-and Eighth-Grade Students in an International Context. Institut of Educations Sciences.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i2.1340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.