IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Rosalina Eka Permatasari, Leny Yuanita, Suyono .

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing, kompetensi psikomotorik, dan afektif siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan melatihkan keterampilan proses yang dirancang mengikuti pola pengintegrasian kurikulum nested. Rancangan penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design, dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dan melibatkan siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 SMA Negeri 2 Surabaya. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, kompetensi psikomotorik, dan afektif siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks pembelajaran inkuiri terbimbing mendapat kategori penilaian baik. Kompetensi psikomotorik siswa secara umum berkategori baik, kompetensi yang dominan adalah bekerjasama dan keterampilan dalam mengukur suhu dengan termometer. Kompetensi afektif siswa secara umum berkategori baik, meliputi berpendapat, jujur, dan kerjasama.

References


Alberta. 2004. Focus on Inquiry: A Teacher’s Guide to Implementing Inquiry-based Learning. Canada: Alberta Learning Centre.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Bass, J. E., Contant, T. L., and Carin, A. R. 2009. Methods for Teaching Science as Inquiry. Tenth Edition. New York: Pearson.

Borich, G. D., and Choo, O. A. 2006. Teaching Strategies that Promote Thinking, Models and Curriculum Approaches. McGraw-Hills: Education Asia.

Castellan, G. W. 1983. Physical Chemistry. Second Edition. New York: Wisley Publishing Inc.

Chatterjee, S., Williamson, V. M., McCann, K., and Peck, M. L., 2009. Surveying Students’ Attitudes and Perceptions toward Guided-Inquiry and Open-Inquiry Laboratories. Journal of Chemical Education Vol. 86 (12): 1427-1432.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Sekjen Depdiknas

Ennis, R. H. 1996. Critical thinking. New York: Prentice Hall.

Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Palatine: Iri/Skylight Publishing, Inc.

Gronlund, N. E. 1985. Constructing Achievement Test. Fifth Edition. New York: Prentice Hall, Inc.

Hadi, M. H. 2011. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Nested pada Pokok Bahasan Cahaya”. Tesis Magister Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Hasan, S., Bagayoko, D., and Kelley, E. L. 1999. Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). International Journal of Physic Education. 294-299.

Ibrahim, M. 2012. Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unipress Unesa.

Martin, L., and Hansen. 2002. Defining Inquiry. Science Teacher: 34-37.

National Research Council. 2001. Inquiry and the National Science Education Standards. Washington, D.C: National Academy Press.

Nur, M. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains. Surabaya: Unipress Unesa.

Nur, M. 2008. Pengajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Edisi kelima. Surabaya: Unipress Unesa.

Nur, M. 2000. Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Surabaya: Unipress Unesa.

Pinarbasi, T., Sozbilir, M., and Canpolat, N. 2009. Prospective Chemistry

Teachers’ Misconceptions about Colligative Properties: Boiling Point Elevation and Freezing Point Depression. Chemistry Education research and Practice. Vol. 10: 273-280.

Semiawan, C., Tangyong, A. F., Belen, S., Matahelemual, Y., dan Suselohardjo, W. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta Grasindo.

Slavin, R. E. 2009.Educational Psychology: Theory and Practice. Ninth Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Edisi Keenam. Bandung: Tarsito.

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Woolfolk, A. 2005. Educational Psychology. Ninth Edition. Boston: Allyn and Bacon.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i2.1334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.