PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Nofi Maria Krisnawati, Tjandrakirana ., Soetjipto .

Abstract


Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif dengan pendekatan scientific yang menggunakan 4-D model dan bertujuan untuk melatih berpikir kritis siswa SMA dalam meningkatkan hasil belajar. Subyek penelitian perangkat pembelajaran yang diujicobakan pada 35 siswa SMA menggunakan rancangan one group pretest-posttest, sedangkan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat  pembelajaran  valid,  keterlaksanaan  pembelajaran  baik.  Tes  hasil  belajar siswa dianalisis dengan N-Gain mengalami peningkatan yang semakin tinggi dan afektif siswa juga mengalami peningkatan yang tinggi pada masing-masing indikator. Kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis juga dengan N-Gain mengalami juga peningkatan yang semakin tinggi, serta aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan yang tinggi. Simpulannya bahwa perangkat pembelajaran biologi model kooperatif dengan pendekatan scientific layak dan dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan hasil belajar.

References


Arend, Bridget.2009. Encouraging Critical Thinking In Online Threaded Discussions. The Journal Of Educations Online.Vol. 6, pp 1-23

Arends, Richard. 2009.Learning To teach, Ninth Edition.Amerika: McGraw- Hill

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

BSNP.2007.Standart Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Badan Standart Nasional Pendidikan

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Campbell, neil A., Jane B. Reece, dan Lawrence G. Mitchell. 2004. Biologi Edisi Ke Lima Jilid III. Jakarta: Erlangga

Cossette, Gale.2013.The Development of critical Thinking Skills. The Journal of Action Research Seminar.ED.580,pp 1-65

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Penilaian Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. 2004. Ekosistem. Surabaya: LPMP

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. 2009. The Systematic Design of Introduction 7th ed. New Jersey: Pearson Education.

Doabler, Christian. 2011. Using a scientific process for curriculum development and formative evaluation: Project FUSION. The Journal of Conference abstract tamplate. A-1- B-7

Ennis, R.H. 1995. Critical Thinking. USA: Prentice-Hall, Inc. Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berfikir Kritis Dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Gosmawi, Jaya, Kupezynski, Lori, Mundy, M.A., Meling, Vanessa.2012.Cooperative Learning In Distance learning: A Mixed Methods Study. International Journal of Instruction.Vol. 5, No. 2, pp 81-90

Gronlund, N.E. and Robert, L.L. 1995. Measurement and assessment in Teaching 7th Edition. USA: Prentice-hall, Inc.

Hake, R.R. 1998. Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Huang, M-S., Hsiao, W-H., Chang, T-S, Hu, M-H. 2012.Design And Implementation OF A Cooperative Learning System For DigitalContent Design Curriculum:Investigation On Learning Effectiveness And Social Presence. The Turkish Online Journal Of Educational Technology.Vol. 11,pp 94-107

Ibrahim, M. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i1.1329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.