PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (KPT) BERBASIS KKNI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS KHAIRUN

Abdu Mas’ud

Abstract


Perangkat pembelajaran adalah seperangkat dokumen kurikulum yang dikembangkan dalam rangka pelaksanaan teknis di lapangan. Perangkat pembelajaran di perguruan tinggi terdiri dari silabus dan satuan acara perkuliahan (GBRP dan RP) dengan semua lampiran dokumen bahan ajar dan instrumen penilaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan output suatu desain perangkat pembelajaran berbasis KKNI di perguruan tinggi khususnya di Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Khairun. Desain yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran KPT berbasis KKNI. Melalui penelitian ini diharapkan dapat: 1) memberikan informasi yang akurat kepada civitas akademik di Prodi Pendidikan Biologi FKIP untuk dapat mengimplementasikan rambu-rambu KPT berbasis KKNI; 2) memberikan model pengembangan perangkat pembelajaran Biologi KPT berbasis KKNI di Prodi Pendidikan Biologi, 3) Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi Universitas Khairun dalam penentuan kebijakan berkaitan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan bidang akademik melalui implementasi KPT berbasis KKNI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)  Produk desain  perangkat pembelajaran Biologi Umum KPT berbasis KKNI telah diujicoba di kelas IA angkatan 2013 dan divalidasi dengan kategori cukup layak KKNI digunakan sebagai perangkat pembelajaran kelas Bilingual program PGMIPABI/PGMIPAU.2)  Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan masih perlu diperbaiki/revisi untuk penyempurnaan hasil.

References


Adams, Anna R. 1999. Industry Standards Based Curricu¬lum. Australian National Training Authority.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi IV. Yogyakarta: Rineka Cipta

Dick, W. & Carey L. 1978. The Systematic Design of In¬struction. Illinois: Scott & Co. Publication.

Edwards, H. Cliford, et.all. 1998. Planning, Teaching, and Evaluating: A Competency Approach. Chicago: Nelson-Hall.

Hooper, R. 1975. The Curriculum. Edinburg: Oliver &Boyd: The Open University.

Joice, B, & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jer¬sey: Englewood Cliffs, Publ.

Kemp, Jerold 1977. Instructional Design: A Plan for Unit and Curriculum Development. New Jersey: Sage Publi¬cation.

McAshan, H.H. 1989. Competency-Based Education and Behavioral Objectives. New Jersey: Educational Tech¬nology Publications, Engelwood Cliffs.

Reigeluth, Charles M. 1987 Instructional Theories in Ac¬tion: Lessons Illustrating Selected Theories and Models. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publ.

Rosset, A. 1991. A Handbook of Job Aids. San Diego: Pfeiffer Publ.

Russell, James D. 1984. Modular Instruction: A Guide to Design, Selection, Utilization and Evaluation of Modular Materials. Minneapolis: Burgess Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v1i1.1323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.