THE RELATIONSHIP BETWEEN LINGUISTIC INTELLIGENCE AND STUDENTS’ COGNITIVE ABILITIES IN THE SUB-CONCEPTS OF DISASTER RESPONSE ACTIONS
Abstract
Full Text:
DownloadReferences
Anderson, L.W. (2010). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen revisi taksonomi. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka, (6th Ed.), 342.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. PT. Bumi Aksara, Jakarta, (7th Ed.), 310.
Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Armstrong, T. (2009). Setiap anak cerdas! panduan membantu anak belajar dengan memanfaatkan multiple intelligence-nya. (Alih Bahasa: Rina Buntaran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Asrori, M. (2007). Psikologi pembelajaran. Bandung: CV Wacana Proma.
Cambell, L. (2006). Metode praktis pembelajaran berbasis multiple intelligences. Depok :Insuisi Press.
Chaerunnisa, V., S.G.S. Fitri & Ekanara, B. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berorientasi pengembangan kecerdasan majemuk siswa pada konsep sel kelas xi sma. Biodidaktita. 12 (1): 30 – 37.
Dewi, A. (2015). Penerapan metode bermain berbantuan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak. FIB Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1).
Gardner, H. (2013). Multiple intelligences. (Alih Bahasa: Yelvi Andri Zaimur). Jakarta: Daras Books.
Gunadi, T. (2010). Optimalkan otak kanan-kiri otak tengah otak kecil. Jakarta: Penebar Plus
Handayani, L., P. R. Probowening & A. Sopyan. (2014). Pengembangan strategi pembelajaran fisika berdasarkan teori kecerdasan majemuk untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa smp. Physic Education Journal. 3 (1): 67 – 71
Hidayatullah, A. (2013). Hubungan antara kecerdasan linguistik dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar. (Skripsi. Tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.
Hernowo. (2006). Quantum writting. Bandung: MLC
Inaurrohmah, F. (2017). Pengembangan kecerdasan linguistik pada peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas iii di ma'arif nu 1 pageraji cilongok banyumas.Skripsi: IAIN Purwokerto, Indonesia
Irvaniyah, Iyan. & Oktaviana R.A. (2014). Analisis kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik pesertadidik berdasarkan jenis kelamin. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching. 3 (1), 135-156.
Iskandar. (2012). Psikologi pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta : Referensi.
Iskandar. (2009). Psikologi pendidikan. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.
Jasmine, J. (2007). Mengajar berbasis multiple intelligences. Bandung: Nuansa
Kapoh, R. J. (2010). Beberapa faktor yang berpengaruh dalam perolehan bahasa. Interligua. 4
Kumojoyo, A. (2011). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap kecerdasan majemuk siswa SD. (Skripsi Tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia.
Munif, C. (2012). Sekolah anak-anak juara. Bandung :Kaifa.
Natanael, Y., & Sufren. (2013). mahir menggunakan spss secara otodidak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Nazir. (2014). metode penelitian. Bogor :Ghalia Indonesia.
Poerwanti, E. (2008). Asesmen pembelajaran sd. Jakarta : Depdiknas.
Priyatno, D. (2010). Paham analisis statistik data dengan spss. Yogyakarta :maha peserta didik untuk umum.
Purwamto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2010). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula. Alfabeta. Bandung: (10th, Ed) 244 .
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sadisun I.A. (2008). Pemahaman karakteristik bencana, aspek fundamental dalam upaya mitigasi dan penanganan tanggap darurat bencana. Paper. Bandung. Institut Teknologi Bandung.
Sefrina, A. (2013(. Deteksi minat bakat anak. Yogyakarta: Media Pressindo.
Simanjuntak. (2008). Mengantar. diktat linguistik. bahasa. pemerolehan bahasa dan gramatika generatif. Program Studi Magister Linguistik USU.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta, Jakarta
Sudijono, A. (2013). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada
Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya
Sumaryanta. (2015). Pedoman Ppenskoran. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education. 2(3). 2.
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini.Jakarta :Kencana. Prenada. Media Group.
Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini pengantar dalam berbagai aspeknya.Jakarta :Kencana Perdana Media Group.
Syah, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta
Wiwitan, A. K. (2013). Pengaruh tingkat kecerdasan linguistik terhadap hasil pembelajaran menulis karangan narasi pesertadidik kelas x smk negeri 12 bandung. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (1).
Yaumi, M & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran berbasis kecerdasan jamak (multiple intelligences) mengidentifikasi dan mengembangkan multitalenta anak. Jakarta :Prenada Media Grup
Yunandys, O.( 2019). Tes kecerdasan verbal linguistik. Dokumen. id.scribds.com (diakses pada 17 Juli 2019).
Yuniarto, B. & Kurniawan, R. (2016). Analisis regresi dasar dan penerapannya dengan r. Jakarta : PT : Kharisma Putra Utama.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v9i1.12866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.