REVIEW LICHEN : KARAKTERISTIK ANATOMIS DAN REPRODUKSI VEGETATIFNYA
Abstract
Lichen merupakan tumbuhan yang bersimbiosis antara fungi dan alga. Lichen memili habitat hidup di pepohonan, bebatuan, tanah, atau permukaan artifisial lainnya. Lichen memiliki karakteristik morfologis yang unik yang berada diantara karakteristik baik morfologis, anatomis dan reproduksi antara alga dan fungi. Lichen yang umumnya ditemukan terbagi menjadi beberapa tipe yaitu berbentuk foliose, fruticose dan crustose serta squamulose. Reproduksi lichen terdiri dari aseksual dan seksual. Aseksual melalui pembentukan soredia, isidia dan lobules sedangkan yang seksual adalah dengan pembentukan spora askus (menyerupai Fungi Ascomycota dan Basidiomycota). Fitur anatomis lichen meliputi korteks, lapisan alga, medulla, rhizines, cilia, Cyphellae, Pseudocyphellae, Cephlodia, Photosymbiodemes.
Full Text:
download (Bahasa Indonesia)References
Anonimus. (2012). The British Lichen Society - Promoting the Study, Enjoyment and Conservation of Lichens. London: The British Lichen Society .
Beaching, S. Q., & Hill, R. (2007). Guide to Twelve Common & Conspicuous Lichens of Georgia’s Piedmont. Georgia: University of Georgia Atlanta (UGA).
Bhat, S. P., Dudani, S. N., & Chandran, M. S. (xxxx). Lichens : General Characteristics . Bungalore, India: Indian Institute of Science .
Deacon, J. (xxxx). The Microbial World : LIchens. UK: University of Edinburgh Press.
GG, A., I, C., A., M., & A, M. (2011). Monitoring Epiphytic Lichen Biodiversity to Detect Environmental Quality and Air Pollution: the Case Study of Roccamonfina Park (Campania Region - Italy). In A. Moldoveanu, Air Pollution (p. 324). Italy: InTech.
Muzzayinah. (2005). Keanekaragaman Tumbuhan Tak Berpembuluh. Surakarta: UNS Press.
Yurnaliza. (2002). Lichenes (Karkteristik, Klasifikasi, dan Kegunaan). Medan, Indonesia: USU Digital Library.
DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v3i1.1118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pena Sains Indexed by:
Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.