THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES AND CRITICAL THINKING SKILLS IN THE DIGESTIVE SYSTEM MATERIAL

Nurlaili Nurlaili, Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Laili Fitri Yeni

Abstract


This research is aimed to determine the students’ achievement and critical thinking on the digestion system topic. This study was conducted using a quasi-experiment with a control group pre-test and post-test design. Furthermore, the samples were chosen using the purposive sampling technique. The instrument consisted of 20 multiple-choice tests. Findings indicate that the average student achievement is 16.71 in the experiment and 12.92 in the control class. The t-test also can be known as t-count > t-table (1.71 >1.68), which means a significant difference between experiment average and control average. Based on the test result in the experiment class, it can be assumed that there is an enhancement of the average percentage of students' critical thinking from 63% to 84%. Thus, it can be concluded that inquiry learning model can increase the students’ achievement and critical thinking.


Full Text:

PDF

References


Afandi. (2011). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif melalui Model Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2). DOI: 10.26418/jpmipa.v2i2.2182

Amaliah, R. R., Fadhil, A., Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Quran; Membangun Tradisi Berfikir Qurani, 10(2). E-ISSN: 2239-2614

Ariyati, E. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2). DOI: 10.26418/jpmipa.v1i2.194

Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri; Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ennis, R. (1996). Critical Thinking. United States of America: The New York Times Company

Hadi, L., Rasmawan, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Memberdayakan Ketrampilan Kerja Ilmiah dan Pemahamam Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7(1). DOI: 10.26418/jpmipa.v4i2.10684

Jayanti, A., Amin, B.D. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Barru. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14(1), 23-28

Julianda, Widiati, U., Djatmika, E. T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Multiliterasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 460-467. DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI

Johan, H. (2013). Pengaruh SSCS Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Konsep Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 13-19. DOI: 10.26418/jpmipa.v4i1.6202

Kurniati, T., Rizmahardian, dan Kurniawan, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Gaya Belajar Model VARK terhadap Hasil Belajar Kimia Sekolah pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(2), 41-49. DOI: 10.26418/jpmipa.v8i2

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Forum Kependidikan, 28(2)

Megasari, Achmad A., dan Pramudiyanti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(5)

Nainggolan, S. D., Suriani, C., dan Sianturi, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA SMA Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pelita Pendidikan, (6)3, 174-178

Nofendra. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Menggunakan Model Jaring Makanan. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 259-270. DOI: 10.26418/jpmipa.v10i2.27627

Pertiwi, M., Yuliati, L., dan Qohar, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1)

Pratiwi, D. (2015). Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 6(2). DOI: 10.26418/jpmipa.v1i2.200

Pujianto, A., Darsono, dan Pujiati. (2013). Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Studi Sosial, 1(4)

Siswono, T.Y.E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajua Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukrorini, W. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(1), 27-36. DOI: 10.26418/jpmipa.v5i1.18640

Titin, Yeni, L. F., dan Fauziah, S. (2012). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3(2), 15-19. DOI: 10.26418/jpmipa.v3i2.23768

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Warianti, A., Rusijono, dan Nasution. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(2)

Wirtha, I. M. dan Rapi, N. K. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran da Penalaran Formal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2)




DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v8i1.10316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pena Sains Indexed by:

Directory of Open Access Journals                       Home         Find in a library with WorldCat                   Related image

 

 

 

 

 Creative Commons License

Jurnal Pena Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Science Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.