Kemandirian Guru Sekolah Dasar : Studi Realitas Kemandirian Guru Sekolah Dasar Lulusan Universitas Terbuka Di Daerah Bojonegoro
Abstract
Kualitas pendidikan sangat bergantung pada siapa yang menjalankan pendidikan itu sendiri. Tingkat prestasi siswa juga sangat tergantung pada kualitas guru yang melakukan pembelajaran kepada peserta didik. Pendidikan di Indonesia telah membuat paradigma baru dalam mengatasi rendahnya kualitas pendidikan dan prestasi peserta didik melalui peningkatan kualifikasi akademik bagi guru yang mengajar di sekolah dasar hingga tingkat sekolah menengah. Untuk mewujudkan ini satu-satunya alternatif adalah Universitas Terbuka sebagai lembaga pendidikan tinggi jarak yang dapat menampung sejumlah besar siswa tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Hal ini karena Universitas Terbuka menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh dengan konsep belajar mandiri, sehingga guru yang belajar di Universitas Terbuka tidak harus meninggalkan pekerjaannya sebagai guru dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, I. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Afiatin, T. 1993. Persepsi Laki-laki dan Perempuan terhadap Kemandirian. Jurnal Psikologi. No. 20 (1), hal 7-13. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Ahmadi, A.1991. Psikologi Umum. Semarang : Rineka Cipta
Ali, M. 2005. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik), Jakarta: Rineka Cipta.
Anastasia, H.N. 2009. Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kemandirian pada Remaja. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta.Vol.1, No.1.
Antonius. 2002. Pengaruh Kemandirian Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja. Semarang: Universitas Katolik .
Barnadib, I. 1982. “Kemandirian sebagai Kebutuhan Psikologis Pada Remaja”. [Online]. Tersedia: http://www.ukele.ac.uk/interact/lili/2005 /contributions/childs. html. [16 April 2016].
Barnadib, I. 1982. Filsafat Pendidikan.FIK IKIP Yogyakarta.
Barnadib, I. 1996. Dasar-dasar Kependidikan; Memahami Makna dan Perspektif beberapa Teori Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia
Bernadette, R & Latchem, C. 2003. Teacher Education Through Open and Distance Learning. London: Routledge Falmer
Bungin, B. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Caroline, H., Schenk, K & Discenza, R. 2003. Distance Learning and University Effectiveness: Changing Educational Paradigms for online learning. London : INFOSCI
Craib, I. 1994. Teori-teori Sosial Modern. Jakarta:Raja Grafindo Persada
Dwiyanto, A. 1995. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Dyahnita, A. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntasi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMA Batik Perbaik Purwokerto Tahun ajaran 2011/2012. Skripsi UNY Yogyakarta.html (diakses 21 Aoril 2016
Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif, Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian.Malang: UMM Press
Hanna, W. 1986. Hubungan antara Asuhan Anak dan Ketergantungan Kemandirian. Disertasi. UNPAD. Bandung.
Haris, M. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Hidayati, I.A. 2012. Implementasi Pendidikan Kemandirian dan Manajemen Diri Santriwati (Studi Kasus Di Kuliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Putri Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011 - 2012). Naskah Publikasi: Universitas Muhammadyah Surakarta.
Hilary, P & Lentell, H. 2004. Policy for Open and Distance Learning. London: Routledge Falmer
Hoselitz, B.F. 1988. Panduan Dasar Ilmu-Ilmu Sosial. CV Rajawali.Jakarta.
Hope, H & Guiton, P.2006. Strategies for Sustainabel Open and Distance Learning. London and New York:Routledge and Francis.
Iqbal, H. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Jaedun, A. 2009. Evaluasi Kinerja Profesional Guru. Makalah.Jaedun@yahoo.com.hal1-16.html.
Keegan, D. 1986. The Foundation of Distance Education. London : Croom Helm
Masrun, e.al. 1986. Studi Mengenai Kemandirian pada Penduduk dari Tiga Suku Bangsa (Jawa, Batak, Bugis). Laporan Penelitian. Universitas Gajah Mada. Jogjakarta.
Moleong, L.J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Munir. 2012. Pembelaajran Jarak Jauh, Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta. Bandung.
Nurul, I. 2012. Wakaf dan Kemandirian Pendidikan (Studi Pengelolaan Wakaf di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo). Disertasi. IAIN Wali Songo Semarang http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15
Nuryoto, S. 1993. Hubungan Antara Peran Jenis dengan Kemandirian Siswa SMU.Disertasi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Permen Diknas RI. 2007. Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. On-Line.
Saifuddin, A. 2005. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Jogjakarta.
Salmah, L. 2008. Meningkatkan Motivasi Berprestasi, Kemandirian, dan Penyesuaian Diri Karyawan. Jurnal Paedogogia.Vol 11. No. 2. Hal 22-32.
Santrock, J.W. 1999. Life Span Development.Seventh Edition. New York: The McGraw-HillCompanies.
Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju. Bandung.
Setijadi. 2005. Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh. Universitas Terbuka. Jakarta.
SK. Mendiknas (2001). No. 107/U/2001. Tentang Pendidikan Tinggi Jarak Jauh.
Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.
Sujanto, A. 2001.Psikologi Umum. Bumi Aksara. Jakarta.
Suparman, M.A. 2014. Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Jarak Jauh. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sutopo, H.B. 2006. Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Suyanto, B. 2010. Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Aditya Media.
Syah, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i2.4770
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Adi Suparto, Mujadi Mujadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.