PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI PEJAGAN 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kerjasama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Pada penelitian ini bentuk true exsperimental design dengan menggunakan teknik pretest-posttest control group design. Hasil analisis data menunjukkan t hitung (2,196) lebih dari t tabel (2.045) maka keputusannya Ho ditolak.Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi kerjasama kelas III di SD Negeri Pejagan 1
Keywords
media audio visual, Pembelajaran IPS, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Hamiyah, Nur, Mohamad Jauhari. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Punlisher
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Dessy Setyowati, Harun Al Rasyid, Wanda Ramansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Terindeks oleh: