PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI PEJAGAN 1

Dessy Setyowati, Harun Al Rasyid, Wanda Ramansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi kerjasama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Pada penelitian ini bentuk true exsperimental design dengan menggunakan teknik pretest-posttest control group design. Hasil analisis data menunjukkan t hitung (2,196) lebih dari t tabel (2.045) maka keputusannya Ho ditolak.Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi kerjasama kelas III di SD Negeri Pejagan 1

Keywords


media audio visual, Pembelajaran IPS, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hamiyah, Nur, Mohamad Jauhari. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Punlisher

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v11i1.4448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dessy Setyowati, Harun Al Rasyid, Wanda Ramansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: