Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Tahu di Kabupaten Jember

Muta ‘Awifa, Joni Murti Mulyo Aji, Agus Supriono

Abstract


Konsumsi produk tahu dan pertumbuhannya dari tahun ketahun cenderung meningkat. Hal tersebut berdampak pada berkembangnya agroindustri produk tahu, salah satunya di Kabupaten Jember yang memiliki banyak agroindustri produk tahu. Salah satu sentra agroindustri tersebut berada di Rambipuji, Ambulu dan Ajung. Namun perkembangan agroindustri produk tahu cenderung stagnan, diduga terdapat masalah yang berhubungan dengan konsumen yang menginginkan diversifikasi produk maupun hal lain yang berhubungan dengan produk tahu, sehingga diperlukan suatu tindakan agar agroindustri tersebut semakin berkembang. Sebagai upaya untuk mendukung perkembangan agroindustri tahu, diperlukan analisis mengenai perilaku konsumen sehingga diharapkan dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk tahu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian produk tahu adalah faktor kualitas, harga, ketersediaan dan motivasi (2) terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendapatan konsumen dengan faktor kualitas (3) terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendidikan konsumen dengan faktor kualitas.

Keywords


Produk tahu; faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen; analisis faktor

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2015. Konsumsi Rata Rata per Kapita Seminggu Beberapa Macam Bahan Makanan Penting, 2007-2014. [Serial Online]. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/950. Di Akses 25 maret 2016

Fujiathy, Arny. 2007. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Proses Keputusan Pembelian Dan Urutan Tingkat Kepentingan Atribut Tahu Sumedang (Studi Kasus Di Perusahaan Tahu Bungkeng Sumedang). Skripsi. Diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Mamori, Dore Rhendy. 2015. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap UKM Tahu Bandung Ashor Di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Skripsi. Diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Manurung, Dedy Iskandar. 2012. Proses Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Serta Alternatif Bauran Pemasaran Terhadap Tahu Djadi Sari di Kota Bogor Jawa Barat. Skripsi. Diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pharestyna F.T. dkk. 2013. Sikap Konsumen Terhadap Produk Tahu Kuning di Kota Kediri (Studi Kasus Tahu Kuning Merek LTT). E-Jurnal Agrista. 1 (1): 1-11.

Santoso, S. 2004. Statistik Multivariat. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo.

Sunyoto, Danang. 2012. Statistik Induktif untuk Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: CAPS

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti & Interpretasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v9i1.3366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Muta ‘Awifa, Joni Murti Mulyo Aji, Agus Supriono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: