Menerapkan Professional Development Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Sastra Inggris Fisib Utm Dalam Mempelajari Drama I

Suci Suryani, Rif’ah Inayati

Abstract


Terjadinya kesenjangan antara pencapaian mahasiswa dengan tujuan pembelajaran Drama I menjadi alasan dilaksanakan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa Sasing FISIB UTM mempelajari Drama I, menerapkan Professional Development untuk menghasilkan quality teaching, dan menyediakan quality teaching untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempelajari Drama I. Ketiganya dimaksudkan untuk mendapatkan solusi sehingga kesenjangan yang terjadi dapat diminimalkan. Dasar teori penelitian ini adalah Professional Development dan quality teaching. Metode penelitian adalah kualitatif dan action research. Kebutuhan mahasiswa adalah pertama, tersedianya materi ajar yang membuat mereka mampu mencapai tujuan instruksional pembelajaran Drama I, seperti menjelaskan konsep drama, mengidentifikasi elemen drama, dan menerapkan elemen tersebut untuk menganalisis tiga genre American, British, dan World drama; kedua, tersedianya pengajar yang memiliki pengetahuan pedagogik yang membuat mahasiswa mampu mencapai tujuan pembelajaran Drama I; ketiga, tersedianya sarana dan prasarana yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran Drama I. Kebutuhan tersebut menjadi dasar untuk mengembangkan silabus, GBPP, SAP, materi ajar Drama I, pengetahuan pedagogik pengajar, dan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang tersedia. Pengembangan dan pengoptimalan tersebut berdampak pada meningkatnya kemampuan mahasiswa sehingga tujuan pembelajaran Drama I dapat dicapai oleh mahasiswa dengan sukses.

Keywords


Professional Development, Kompetensi mahasiswa Sasing FISIB UTM, Drama

Full Text:

PDF

References


Broad, Dr. Kathryn and Dr. Mark Evans. 2006. A Review of Literature on Professional Development Content and Delivery Modes for Experienced Teachers. University of Toronto.

Craft, Anna. 2000. Continuing Professional Development: a Practical Guide for Teachers and School. London: RoutledgeFalmer. Development: Europe in International Comparison. 2012 (downloaded as digital printed). Luxembourg: European Union

Hassel, Emily. 1999. Professional Development: Learning from the Best. Illinois: the North Central Regional Educational Library.

Lodico, Marguerite G, et al. 2006. Methods in Educational Research: From Theory to Practice. San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc

Mundry, Susan. Martha Boethel (editor). 2005.

What Experience has Taught Us about Professional Development. U.S: National Network of Eisenhower Regional Consortia and Clearinghouse.

Richards, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Scheerens, Prof. Jaap and Carola Groeneweg (editors). 2010. Teacher’s Professional

Snow-Renner, Ravay and Patricia a Lauer. 2005.

Professional Development Analysis. Denver: McREL

Sparks, Dennis. 2002. Designing Powerful Professional Development for teachers and Principals. Oxford: National Staff Development Council.

Walliman, Dr. Nicholas. Your Research Project: a Step by Step Guide for The First Time Researcher. London: Sage Publication Ltd.




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v6i1.3087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Suci Suryani, Rif’ah Inayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: