Karakteristik Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
Abstract
Universitas Trunojoyo Madura (UTM) saat ini sedang menggiatkan pendidikan kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa dan perilaku berwirausaha serta wadah bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Selain itu Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional telah meluncurkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk dilaksanakan dan dikembangkan oleh perguruan tinggi, termasuk di UTM. PPMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis IPTEKS kepada para mahasiswa agar menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. Masih sedikit iantara mahasiswa yang benar-benar memanfaatkan ilmu yang didapatkan di bangku perkuliahan sebagai peluang untuk berwirausaha. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik kewirausahaan mahasiswa UTM. Variabel yang diamati terdiri atas ciri-ciri kepribadian wirausaha meliputi dorongan untuk berprestasi, rasa tanggung jawab, sikap terhadap resiko, percaya diri, menggunakan umpan balik, orientasi jangka panjang, kemampuan dan ketrampilan manajerial, dan sikap terhadap uang. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Dari 8 karakteristik jiwa kewirausahaan yang menjadi variabel penelitian hanya karakteristik berorientasi jangka panjang saja yang banyak di miliki oleh oleh responden dalam tahapan tinggi, yaitu 70%. Sedangkan ke 7 karakteristik jiwa kewirausahaan yang lainnya seperti dorongan berprestasi, rasa tanggung jawab, sikap terhadap risiko, rasa percaya diri, menggunakan umpan balik, kemampuan manajerial dan sikap terhadap uang sudah dimiliki oleh para responden meskipun pada tahap sedang. Hasil lain penelitian inin menunjukkan presentase mahasiswa UTM yang memiliki cita-cita untuk usaha mandiri (wirausahawan) hanya sebesar 36,2%. Sisanya sebesar 63,8% memiliki cita-cita sebagai pegawai, baik karyawan swasta mapun PNS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. 2010. Berita Resmi Statistik No. 45/Th. XIII. Badan Pusat Statistik. Jakarta.
Bygrave, W. D. 2004. The Portable MBA in Entrepreneurship: Third Edition/edited by William D. Bygrave , Andrew Zacharakis. – Ed. 3 – New Jersey : John Willey & Sons Inc.
Edelman, L. F., Manolova, T. S., & Brush, C. G. (2008). Entrepreneurship Education: Correspondence Between Practices of Nascent Entrepreneurs and Textbook Prescriptions for Success. Academy of Management Learning & Education, 7(1), 56-70. Retrieved from EBSCOhost.
Gredler, E. Margaret. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: CV. Rajawali
Gries, T., & Naudé, W. (2009). Entrepreneurship and regional economic growth: towards a general theory of start-ups. Innovation: The European Journal of Social Sciences, 22(3), 309-328. doi:10.1080/13511610903354877
Hansemark, Ova. C. 1998. The Effects of an Entrepreneurship Programme on Need for Achievement and Locus of Control of Reinforcement, International Journal of Entrepreneural Behavior & Research, Vol 4 No. 1 p.28-50.
Heilbrunn, S. 2010. Advancing Entrepreneurship in An Elementary School: A Case Study. International Education Studies. Year: 2010 Vol: 3 Issue: 2.
Kasali, Rhenald dkk. 2010. Modul Kewirausahaan Untuk Program Strata 1. Penerbit Hikmah. Jakarta.
Koh, Hian Chye. 1996. Testing hypotheses of entrepreneurial characteristics: A study of Hong Kong MBA Students. Journal of Managerial Psychology, Vol. 11 Iss: 3
Minniti, M., & Lévesque, M. (2010). Entrepreneurial types and economic growth. Journal of Business Venturing, 25(3), 305-314.
doi:10.1016/j.jbusvent.2008.10.002
Patir, Sait & Mehmet K. 2010. A Field Research on Entrepreneurship Education and Determination of the Entrepreneurship Profiles of University Students. Business and Economics Research Journal 1(2), 27-44.
Pribadi, H. (2005).Ddefining and Constructing The Teaching Model of Entrepreneur Education Based on Entrepreneurial Intention Model. Jurnal Teknik Industri, 7(1). Retrieved April 12, 2011
Suryana, 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat, dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat, Jakarta.
Travers, R.M. 1982. Essentials of Learning. The New Cognitive Learning for Students
of Education. New York : Macmillan Publishing Co. Inc.
Valliere, D., & Peterson, R. (2009). Entrepreneurship and economic growth: Evidence from emerging and developed countries. Entrepreneurship
& Regional Development, 21(5/6), 459-480. doi:10.1080/08985620802332723
Zainal abidin Mohamed, Golnaz Rezai and Mad Nasir Shamsudin, 2011. The Effectiveness of Entrepreneurship Extension Education among the FOA Members in Malaysia. Current Research Journal of Social Sciences, 3(1): 17-21.
DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v5i1.2495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Taufik Rizal Dwi. A. N.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.