Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran di Kalangan Wirausahawan Muda

Nina Dewi Lashwaty, Ina Sholihah Widiati

Abstract


 

Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuantitatif pada bulan Juli, Agustus, September 2021. Sampelnya 217 mahasiswa-mahasiswi STMIK AMIKOM Surakarta tahun akademik 2020/2021. Berdasarkan analisis regresi diketahui bahwa penggunaan Instagram, Whatsapp, dan Line memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan penjualan di kalangan wirausahawan muda mahasiswa STMIK AMIKOM Surakarta, sedangkan lainnya berlawanan arah. Berdasarkan Uji F diketahui terdapat pengaruh simultan penggunaan Facebook, Instagram, Whatsapp, Youtube, Twitter, Telegram, dan Line terhadap peningkatan penjualan di kalangan wirausahawan muda mahasiswa STMIK AMIKOM Surakarta. Dari Uji t dapat diketahui bahwa penggunaan Instagram yang secara parsial paling berpengaruh terhadap peningkatan penjualan di kalangan wirausahawan muda mahasiswa STMIK AMIKOM Surakarta, sedangkan penggunaan Youtube yang secara parsial paling tidak berpengaruh. R2 = 0.207 berarti penggunaan Facebook, Instagram, Whatsapp, Youtube, Twitter, Telegram, dan Line berpengaruh 20.7% terhadap peningkatan penjualan di kalangan wirausahawan muda mahasiswa STMIK AMIKOM Surakarta, sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Alpha Cronbach = 0.764 maka reliabilitas tinggi.

Kata Kunci : Wirausahawan, Pemasaran Digital, Media Sosial


Keywords


irausahawan, Pemasaran Digital, Media Sosial

References


Hildayanti, Mira, and Yulia Sariwaty, ‘Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Orange Button (Studi Pada PT Pinisi Terbang Menari)’, Jurnal Purnama Berazam, 2.1 (2020), 69–79

Kasmir, Kewirausahaan (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017)

Miceli, Thomas, Economics of the Law: Torts, Contract, Property, Litigation, 1997

Nasir, Munawir, Jafar Basalamah, and Aditya Halim Perdana Kusuma, ‘Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar’, Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.1 (2019), 2–8

Nikmah, Farika, ‘Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis’, Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11.1 (2017), 47–56

Pratama, I Putu Agus Eka, Social Media Dan Social Network (Penerbit Informatika, 2020)

Untari, Dewi, and Dewi Endah Fajarina, ‘Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik)’, Widya Cipta (Jurnal Sekretari Dan Manajemen), 2.2 (2018)




DOI: https://doi.org/10.21107/pamator.v15i2.14106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nina Dewi Lashwaty, Ina Sholihah Widiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindeks oleh: